Wujudkan Visi “Berimtaq”, SDN 2 Cangkuang Ciptakan Atmosfer Sekolah yang Bernuansa Islami

0
78

KANDAGA.ID-Berada di kawasan yang asri, sekolah ini dikelilingi oleh bentang alam yang memukau, seperti sawah dan perkebunan. Ialah SDN 2 Cangkuang, sekolah yang beralamat di Kp. Sumur, RT 03/ RW 08, Ds. Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut. Bangunan sekolah yang berdiri di atas lahan seluas 1.400 m2 ini sudah berdiri sejak tahun 1957.

SDN 2 Cangkuang memiliki enam ruang kelas, empat unit WC, satu ruangan kantor, dan satu unit perpustakaan. Meskipun terdapat ruangan yang mengalami kondisi kurang memadai, namun pihak sekolah tetap mengerahkan segala cara agar roda pendidikan tetap berjalan di tempat ini. Sementara itu, tenaga pendidik dan kependidikannya berjumlah sembilan orang, terdiri dari seorang kepala sekolah, enam orang guru kelas, dan dua orang guru mata pelajaran (PJOK dan PAI). Jajaran pendidik ini siap memberikan layanan edukatif bagi 196 peserta didik pada tahun pelajaran 2019/2020.

Sekolah yang dipimpin oleh Nurhayati, S.Pd. ini memiliki visi “Mewujudkan peserta didik yang beriman, bertaqwa, berilmu, sehat dan kreatif, serta   menciptakan sekolah yang bernuansa islami”. Merujuk pada visi tersebut, sekolah ini memberlakukan beberapa program religius, seperti pembiasaan shalat dhuha, hafalan surat-surat pendek, mengaji, dan sebagainya.

Program yang dicanangkan mungkin bisa dihitung jari, namun dengan adanya konsistensi yang tinggi, ia yakin sekolah yang di bawah naungannya akan menjadi sekolah yang menjungjung tinggi nilai-nilai religi. “SDN 2 Cangkuang memang bukan sekolah berbasis islam, namun sekolah ini senantiasa berupaya menciptakan atmosfer yang bernuansa islami,” pungkasnya. (Fitri Ayu)***