Wabup Helmi Jadi Imam dan Khotib Shalat Idul Adha di Masjid Al-Hidayah

0
74

kandaga.id – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman beserta istri dan keluarga melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Al-Hidayah Perum Villa Intan, Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kaler, Jumat (31/07/2020). Wabup Helmi dalam kesempatan ini bertindak menjadi imam dan khotib.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha tidak seperti tahun sebelumnya, di masa pandemi covid-19 diberlakukan protokol kesehatan (prokes) dengan jaga jarak, serta para jemah terlebih dahulu dicek suhu tubuh dan wajib menggunakan masker, handsanitizer sebelum memasuki pelataran mesjid.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengiris hewan kurban yang baru disembelih, di Kompleks Perum Villa Intan, Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kaler, Jumat (31/07/2020). (Foto : Yogi Budiman/Diskominfo Garut).

Dalam khutbahnya, Wabup mengajak semua jemaah lebih menghayati momen Hari Raya Idul Adha untuk tunduk sepenuhnya pada Allah SWT, seraya merenungkan kembali ketela­danan agung Nabi Ibrahim AS, yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak terhadap Allah SWT.

Saat mendapat wahyu melalui mimpi yang memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putra terkasihnya, Nabi Ismail AS. Sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukar dan berat dilaksanakan, jika dilihat dari segi kemanusiaan.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya berharap kita semua dapat memaknai dan memetik hikmah dari peringatan Idul Adha kali ini,” sebut Wabup.

Menurutnya, hal itu tidak hanya sebatas proses ritual saja, tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan sosial ber­masyarakat dan sebagai media meningkatkan hubungan silaturahmi dan ibadah serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha, wabup beserta keluarga dan jajaran pegawainya melanjutkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 7 ekor domba dan 4 ekor sapi. (Jajang Sukmana/mediacenter.garutkab.go.id)***