Wabup Garut Kampanye Pencegahan Covid-19 di Terminal Guntur

0
83

KANDAGA.ID – Secara masif unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut terjun langsung mensosialisasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan menemui masyarakat dan memberikan penyadaran pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Wakil Bupati Helmi Budiman, beserta Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah, dan Dandim 0611/Garut, Letkol Inf. Erwin Agung TWA, melakukan kampanye pencegahan virus corona di Terminal Guntur Garut, kutip Diskominfo Garut, Senin (23/03/2020).

Kampanye ditandai dengan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas dari Dinkes, pemberian hand sanitizer, dan ratusan masker kepada awak angkutan dan penumpang angkutan umum (Bis).

Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di sekitar terminal oleh petugas dari BPBD. BPBD juga menurunkan seluruh kekuatannya, termasuk Diskominfo dengan 1 unit Kendaraan MCAP (Mobile Community Access Point).

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengatakan, di area terminal ini pihaknya dibantu Polres Garut dan Kodim 0611/Garut terus menerus mengkampanyekan pencegahan virus corona, terutama awak bis dan penumpang. “Kami tadi membagikan masker kepada supir dan penumpang, serta memberikan pemahaman pentingnya PHBS,” ujar Helmi Budiman.

Selain itu, imbuhnya, jajarannya terus memantau dan mengecek lalulintas keluar masuknya warga yang menggunakan transportasi umum di pintu masuk Kabupaten Garut di lingkar Kadungora.

Selain jajaran Pemkab, dalam kampanye ini turut pula personel Kodim 0611/Garut dan Polres Garut, dan komunitas Ikatan Alumni SMPN 2 Angkatann 88 yang juga turut menyumbang 567 masker, Sanitizer 2 galon (2 liter) dan cairan disinfektan (7 liter).

Menurut koordinator Ikatan Alumni SMPN 2 Garut, Helmi Muhammad, dalam tahap pertama pihaknya hanya bisa membantu apa yang saat ini dibutuhkan. “Kami akan terus membantu apa yang kami mampu hingga wabah virus ini selesain,” ujar Helmi. Bantuan masker, hand sanitizer dan cairan disinfektan ini, kata Helmi, langsung diserahkan kepada BPBD. (Jajang Sukmana)***