Usai Rapid Test, Empat Orang ODP Positif Covid 19

0
127
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat

Dari ratusan orang dalam pengawasan (ODP) yang menjalani Rapid Test hasilnya empat orang dinyatakan positif.
Meski begitu, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat mengungkapkan h
asil tersebut akurasinya sekira 70 sampai 80 persen, belum 100 persen.

“Hasil rapid test terhadap 670 ODP (dari 1240 ODP, red) hasilnya ada 4 positif. Tapi Rapid Test akurasinya berlum 100 persen, itu baru 70 atau 80 persen. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan swab tes, untuk yang empat ini. Apakah bener-bener konfirm atau bagaimana, saat ini mereka diisolasi mandiri dan dipantau ketat, oleh Puskesmas” kata Ricky ketika ditemui di Command Center, Kamis (09/04/2020)

Temuan 4 ODP dengan hasil Positif berada di wilayah Kecamatan Selaawi 1 orang Laki-laki, 1 Perempuan di Kecamatan Tarogong Kaler, 1 orang Perempuan di Kecamatan Cibalong, dan 1 orang laki-laki di Kecamatan Cikajang.

“Mereka diduga terpapar setelah melakukan perjalanan dari zona merah, bukan dari pasien positif, orang tanpa gejala (OTG) yang kontak langsung dengan orang yang sudah konfirm, karena diantara mereka ada yang mudik,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan pada pasien positif berdasarkan hasil Rapid, Ricky mengatakan, pihaknya sudah memetakan ODP yang sudah melakukan kontak dengan empat orang tersebut.

Dalam waktu dekat ini, ungkap Ricky, Pemerintah Kabupaten Garut akan kembali melakukan Rapid Test. pihaknya sudah menerima alat Rapid Test tambahan sebanyak 1000 buah yang dibeli dari APBD Kabupaten Garut.

“Hari ini sudah menerima Rapid Tes 1000 buah yang dibeli dari APBD. Kita akan prioritaskan bagi mereka yang berstatus ODP. Kita juga berharap dengan masyarakat melakukan social dan physical distancing jumlah ODP tidak bertambah lagi,” pungkasnya.

Berdasarkan data pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Pukul 19.00 WIB, Rabu (08/04/2020), total kasus OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi positif ada sebanyak 2.023 kasus. Jumlah itu terdiri dari OTG 177 orang (26 Kasus OTG Baru), ODP 1.815 kasus (933 kasus masih pemantauan, 17 dalam perawatan, dan 865 selesai pemantauan), PDP 29 kasus (14 kasus sedang dalam perawatan dan 15 kasus selesai pengawasan dan dipulangkan dari RSUD dr. Slamet Garut).

Untuk konfirmasi positif masih terdata 2 kasus yang terdiri 1 (KC-1) dalam perawatan di RSUD dr Slamet, 1 kasus (KC-2 Isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium untuk cek ulang pada hari ke-17 dan 18.

” Alhamdulillah kondisi dua yang konfirm ini membaik, mereka sudah bisa beraktifitas, meskipun tetap di tempat tidur. Mudah-mudahan kondisinya terus membaik, dan hasil lab nya akan negatif,” pungkasnya. (Jay).