UPTD Pendidikan Dasar Resmi Ditiadakan

0
306
Sekretaris Komisi A DPRD Garut, Dadang Sudajat
Sekretaris Komisi A DPRD Garut, Dadang Sudajat
Sekretaris Komisi A DPRD Garut, Dadang Sudajat

Gonjang-ganjing terkait keberadaan UPTD Pendidikan Dasar akhirnya terjawab dalam Sidang Paripurna DPRD Garut, Jum’at (26/08). Dalam sidang yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan para kepala Dinas ini, pengambilan keputusan tentang keberadaan UPTD Pendidikan Dasar diambil melalui Rapat Pimpinan (Rapim) yang berlangsung selama 20 menit.

Dalam sidang paripurna ini, sebanyak 42 UPTD  Pendidikan Dasar yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Garut, akhirnya resmi ditiadakan. Setelah UPTD Pendidikan Dasar di tiadakan, sebagai gantinya dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di tingkat wilayah.

Ditemui usai Sidang Paripurna, anggota Fraksi Demokrat yang juga Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Garut, Dadang Sudrajat mengatakan, bahwa selain berganti nama menjadi UPT jumlahnya pun menjadi sedikit yaitu antara 8 sampai 10.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Drs. H. Mahmud MSi.,M.MPd yang ditemui sebelum rapat paripurna mengatakan, pihaknya berharap UPTD Pendidikan dipertahankan. Pertimbangannya rentan kendali.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Drs. H. Mahmud, S.Pd.,M.Pd
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Drs. H. Mahmud, S.Pd.,M.Pd

Selain itu, evaluasi pengawasan dan waktu akan terlalu jauh jika UPTD dibubarkan, karena pengelolaan pendidikan di Garut ini sampai ke pelosok-pelosok. Ia mencontokan, jumlah SD yang tersebar sampai ke pelosok mencapai 1.583. Kalau langsung dikelola oleh Dinas Pendidikan tentunya akan sangat berat.

“Yang dikelola bukan hanya KBM atau sarana prasarana, tapi ada hal lain yang menjadi pertimbangan, makanya tugas kepala UPTD sebagai kepanjangan tangan dari dinas pendidikan sangat vital sekali,” tandas H. Mahmud. 

Dikatakan juga, UPTD yang bekerja di lapangan ini harus mengakumulasi APK-APM yang ada di masing-masing kecamatan. Ke depan justru Disdik akan membuat semacam kebijakan kaitannya dengan tupoksi UPTD, yaitu tidak hanya mengelola sekolah dasar tapi juga SMP. Yuyus