Upacara HUT RI ke 74, Bendera Berukuran Besar Terbentang di SMKN 1 Garut

0
57

KANDAGA.ID – Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal keramat bangsa Indonesia, pasalnya tanggal ini bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan. Atas dasar itulah bangsa Indonesia di seluruh dunia secara serentak melaksanakan upacara bendera serta menggelar berbagai perlombaan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan.

Begitu juga dilaksanakan civitas SMKN 1 Garut dengan menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 “SDM Unggul, Indonesia Maju” dengan inspektur upacara Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., bertempat di lapangan “Garuda Hitam” SMKN 1 Garut, di Jl. Raya Cimanuk No. 309 A, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019).

Sudah jadi kebiasaan setiap pelaksanan upacara di SMKN 1 Garut tertata rapih dan khidmat. Namun, kali ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, selain beda tempat dari biasanya, pengibaran bendera dan ukurannya pun juga berbeda.

Bendera merah putih berukuran 30 meter x 8 meter dibentangkan, dengan harapan ada rasa patriotisme tertanam di hati peserta didik SMKN 1 Garut.

“Kami sudah biasa memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia dan kali ini berinovasi menbuat bendera berukuran besar dengan harapan seluruh pesertan didik SMKN 1 Garut ini ada rasa patriotisme,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, pembuatan bendera ini dalam tempo satu hari sudah selesai, dan semoga gagasan ini dijadikan rasa kekuatan spirit kemerdekaan peserta didik SMKN 1 Garut.

“Anak-anak cukup bagus, ya ini mungkin baru pertama kali kita membuat bendera ukuran besar, yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

H. Dadang menjelaskan, pelaksanaan upacara ini sebagai puncak kegiatan, karena selama satu minggu ini peserta didik melakukan berbagai macam perlombaan, sehingga mereka merasa kelelahan.

“Semua kegiatan bulan Agustus ini full sampai hari Jumat kemarin, dan sekarang hanya memberikan untuk dinikmati, dan nanti mungkin ada kegiatan jalan santai setelah selesai kegiatan ini, sekitar minggu ke depan,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***