UN 2019 Berjalan Tertib dan Lancar

0
210
Ilustrasi UN

KANDAGA.ID – Ujian Nasional (UN) jenjang SD dan SMP berbeda dengan tahunan sebelumnya, tahun ini pelaksanaannya bersamaan dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh beberapa sekolah jenjang SMP yang di mulai Senin-Kamis (22-25/4/2019).

Hari pertama pelaksanaan ujian, Bupati dan Wakil Bupati Garut didampingi Kepala Dinas, Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kabupaten Garut serta pejabatan terkait lainnya melakukan monitoring ke beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Cilawu, dan Kecamatan Bayongbong.

“Kami memantau ke beberapa SD, SMP di wilayah kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Cilawu, dan sangat menggembirakan pelaksanaan UN, UNKP, UNBK berjalan tertib dan lancar,” ujar Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Bupati berharap, peserta didik yang mengikuti ujian ini baik SD maupun SMP yang lulus supaya dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., menyampaikan kesiapan ujian mengalami kenaikan signifikan terutama di UNBK mencapai 48%.

”Kehadiran Bapak Bupati di tengah-tengah peserta ujian memberi motivasi, dan mereka senang mendapat dorongan support yang disampaikan Pa Bupati,” ujarnya puas.

Saat monitoring ke SDN 13 Regol, Kecamatan Garut Kota, Bupati Garut H. Rudy Gunawàn didampingi Kadisdik Garut Totong, Kabid SD Ade Manadin, Asda 1 Didit Fajar P., usai memantau ke beberapa kelas, beristirahat sejenak di kantin SDN 13 Regol didampingi kepala bangunan Asep Hidayat Paweka, S.Pd., M.M.Pd.

“Alhamdulillah, pelaksanaan UN tahun ini mendapat kunjungan dari Bapak Bupati Garut yang tahun kemarin mendapat kunjungan dari Bapak Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman,” ujar Asep bangga.

Dari pantauan dilapangan, Wakil Bupati Garut dr. H. Helmi Budiman di hari pertama pelaksanaan ujian melakukan monitoring ke berbagai sekolah yang melaksanaan UNBK dan UNKP diantaranya ke SMPN 2 Cilawu, SMPN 3 Bayongbong dan SMPN 7 Garut Kota.

“Semoga semua siswa dan siswi di Kabupaten Garut yang sedang menjalankan UNBK ataupun UNKP berjalan maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Sementara pelaksanaan UN di hari ketiga, Korwil Pendidikan Kecamatan Garut, Ke Drs. H. Engkur, SH., M.Si., merasa bersyukur pelaksanaan UN di Korwil Kecamatan Garut Kota mulai dari hari pertama hingga ketiga berjalan kondusif, lancar dan tepat waktu.

“Alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaan UN ini, bahkan semua peserta didik kelas 6 mulai hari pertama sampai hari ketiga yang di guyur hujan sejak malam hingga siang ini, semua peserta tetap semangat dan antusias datang dengan menggunanakan jas hujan, dan ada yang diantarkan orangtuanya masing-masing,” ujar H. Engkur didampingi Kepala SDN 3 Sukamentri, Jajang Suryapraja, S.Pd., Kepala SDN 4 Sukamentri, Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Kepala SDN 5 Sukamentri, Riswati, S.Pd.SD., dan Ketua Bangunan Kepala SDN 1 Kota Wetan, Teti Nurmalawati, S.Pd., saat memonitor ke Komplek SDN 3, 4, 5 Sukamentri, Rabu (24/4/2019).

H. Engkur berharap, mudah-mudahan kedepan lebih bagus lagi dan berharap Garut Kota menjadi juara umum lagi dalam prestasi pelaksanaan UN ini.

Foto bersama usai pelaksanaan UN hari kedua, Ketua Bangunan Kepala SDN 3 Regol, Hj. Emma Hasanah, S.Pd.SD., bersama Kepala SDN 3 Paminggir, Ihat Solihat, S.Pd., dan Kepala SDN 2 Paminggir, Suryana, S.Pd., Selasa (23/4/2019).

“Di Korwil Pendidikan Kecamatan Garut Kota kedepan supaya terlihat tertib dalam pelaksanaan ujian, ada beberapa sekolah berbentuk komplek ada kemungkinan dipertimbangkan dari jumlah peserta dididik, akan di merger,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***