Tantangan Ekonomi Era Digital, Mahasiswa Dituntut Peransertanya

0
130

KANDAGA.ID – Universitas Garut (Uniga) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) mengenalkan ‘Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital’. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 200 an lebih mahasiswa.

Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolan Uang Rupiah serta Layanan Administrasi Sukarelawati Permana mengatakan, program ini merupakan serangkaian kegiatan dari hari konsumen Nasional beberapa waktu lalu di Bandung.

Kegiatan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tujuan memberikan informasi tentang lembaga perbankan melalui Program BI Mengajar.

Terkait BI mengajar, yang kali ini perkembangan dunia sangat cepat sekali kata Sukarelawati untuk instrumen pembayaran sendiri sudah menggunakan berbagai teknologi.

“Tidak hanya Bank maupun non Bank teknologinya beragam seperti kartu. Pembayaran dengan menggunakan smartphone juga saat ini sangat relevan,” katanya usai menghadiri acara.

Memang katanya, Bank Indonesia sangat konsen terhadap perkembangan metode pembayaran saat ini karena BI yang mengatur dan menjaga segala bentuk transaksi pembayaran.

Pada era milenial dan kaum milenial ini katanya, sudah sangat akrab dengan uang digital. Salah satunya ketika melakukan pembelanjaan secara online.

“Dan kita harus memberikan informasi dan pemahaman tentang transaksi online ini agar aman, dan ada hal-hal yang harus diperhatikan khusunya sebagai konsumen,” katanya.

Sementara itu, Rektor Uniga Abdusy Syakur Amin menyambut baik adanya program BI mengajar ini. Adanya anak pada era milenial ini ialah koneksi dan terhubung satu sama lain.

“Bahwa edukasi masyarakat bukan hanya tanggung jawab BI, tapi kita juga bersama-sama mengedukasi masyarakat,” katanya.

Adanya era digital saat ini, Syakur berharap, mahasiswa bisa memberikan kontribusi lebih besar dalam upaya meningkatkan perekonomian mulai dari skup mikro maupun makro. (Jay)***