“Sungkeuman” Simbol Pelepasan Kelas IX SMPN 6 Garut

0
58

KANDAGA.ID – Komite SMPN 6 Garut melepas 353 dan 48 peserta didik SMP terbuka kelas IX tahun ajaran 2018/2019 di lingkungan SMPN 6 Garut Jl. Bratayudha, Blok Komplek KPAD, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019).

Selain hadir Ketua komite beserta jajaran, Kepala SMPN 6 Garut beserta pendidik dan tenaga kependidikan, Muspika Kecamatan Garut Kota, para orang tua peserta didik dan tamu undangan lainnya, direncanakan acara perpisahan ini akan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si.

Kepala SMPN 6 Garut Darsono, S.Pd, M.Pd., mengatakan acara pelepasan ini murni hajat komite sekolah bersama orang tua peserta didik. Dirinya beserta jajaran mengaku menghadiri acara ini atas undangan komite sekolah yang akan melepas peserta didik kelas IX.

“Syukur Alhamdulillah dan terima kasih kepada komite sekolah dalam waktu singkat komite mampu melaksanakan acara pelepasan kelas IX, semoga anak-anak dapat dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” ujarnya.

Diawali dengan penampilan Nasyid dilanjutkan dengan paduan suara kelas VII dan VIII, penapilan duet Alif dan Reza dengan lagu “Teman Bahagia”, dan beberapa pentas lainnya.

Prosesi pelepasan ditandai dengan tradisi upacara adat Sunda “Sungkeuman” sebagai tanda pamit kepada kepala sekolah sebagai tanda akhir masa pendidikan. Setelah itu, prosesi penyerahan peserta didik kekas IX dari pihak sekolan kepada orang tua masing-masing yang diwakili komite sebagai penerima.

Peserta didik kelas IX yang akan meninggalkan bangku sekolah, Risnatia Destiyanti Nurul Fadila (IX-H) yang meraih nilai tertinggi dan menyandang juara umum mengatakan, sekolah disini banyak sekali pesan dan kesaannya, mulai dari embun pagi, shalat dhuha, guru ramah, tali kekeluargaan ketat.

“Insya Allah saya akan melanjutkan pendidikan ke SMAN 1 Garut,” ujarnya singkat. (Jajang Sukmana)***