STAI Siliwangi Garut Bareng USAID Latih Mahasiswa FLS

0
631

KANDAGA.ID – Untuk meningkatkan literasi pengelolaan keuangan dan soft skill mahasiswa STAI Siliwangi Garut di Jl. Raya Tutugan No. 117, Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, bekerjasama dengan Youth Empowerment Project (YEP) USAID menyelenggarakan pelatihan Financial Life Skill (FLS) angkatan I selama tiga hari, Selasa-Kamis (23-25/4/2019).

Ketua STAI Siliwangi Garut, Illa Susanti, M.Pd., mengatakan, pelatihan diikuti 20 peserta berasal dari perwakilan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dan Prodi PAI, yang berencana kegiatan ini selanjutnya akan dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah dan menjadi program wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa STAI Siliwangi prodi PAI, PBS dan PIAUD.

“Peserta akan mendapatkan sertifikat Internasional dari USAID yang dapat digunakan sebagai surat keterangan pendamping Ijazah,” ujar Ketua STAI Siliwangi Garut, Illa Susanti, M.Pd., melalui WhatsApp (WA), Rabu (24/4/2019) siang.

Illa Susanti, M.Pd., selaku Ketua STAI Siliwangi Garut merasa sangat bersyukur lembaganya terpilih menjadi mitra dan menjalin kerjasama dengan lembaga Internasional USAID.

“Program ini sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi dan soft skill mahasiswa terutama untuk prodi Perbankan syariah,” ujar Illa.

Illa mengatakan, model pembelajaran dengan pendekatan pedagogi membuat pelatihan sangat interaktif sehingga meski pelatihan dilaksanakan full dari pukul 07.30 – 17.30 WIB peserta tetap semangat dengan tingkat kehadiran penuh dan tepat waktu.

“Proyek Youth Wint Through Economic Participation adalah bagian dari inisiatif multiprogram bernama Kunci dari United States Agency for International Development (USAID) untuk membekali kaum muda di Indonesia dengan pelatihan keterampilan hidup berbasis keuangan atau Financial Life Skills (FLS),” jelasnya.

Menurut Illa, yang diperlukan agar mereka bisa memiliki kesempatan untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan ekonomi dan meraih keuntungan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pelatihan ini dibimbing oleh Master Training FLS USAID, Sugeng Priyanto serta dipandu oleh 4 trainer FLS dari STAI Siliwangi yaitu Illa Susanti, M.Pd., Anne Nurdian, M.Pd., Deni Jamzami, M.Ag., dan Asep Taufik Hidayah yang sebelumnya sudah mengikuti kegiatan Training of Trainer (ToT) Finansial Life Skill di Solo selama 7 hari. (Jajang Sukmana)***