SMPN 2 Singajaya, Deklarasi Selamatkan Generasi Bangsa

0
447

KANDAGA.ID – Guna menyelamatkan generasi bangsa, sejumlah 499 peserta didik SMPN 2 Singajaya bersama Muspika Kecamatan Singajaya, mendeklarasikan “Menolak dengan tegas segala bentuk penyimpangan di sekolah dari keberadaan Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT), Narkoba dan kekerasan”, yang digelar di lapangan upacara SMPN 2 Singajaya, Rabu (17/10/2018).

Deklarasi dihadiri Camat Singajaya Heri Junaedi, S.Sos., Danramil Kapten Inf Iyus Rustandi, Kapolsek Iptu Sahono, Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat, Ketua MUI beserta tokoh agama, komite SMPN 2 Singajaya, dan tamu undangan lainnya.

Kepala SMPN 2 Singajaya, Ai Nuraeni, S.Pd., M.Pd., mengatakan, selain deklarasi, juga pengumpulan donasi peduli korban bencana yang terjadi di Indonesia khususnya korban gempa tsunami, dan likuifaksi atau fenomena tanah bergerak di Palu, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah.

“Kepedulian ini, untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan karakter pada peserta didik, ada rasa empati serta simpati terhadap sesama manusia,” ujarnya.

Ai mengharapkan, dengan deklarasi dan peduli terhadap sesama, Insya Allah peserta didik SMPN 2 Singajaya akan menjadi insan yang baik, sholeh, sholehah serta religius.

“Alhamdulillah, donasi yang terkumpul sampai pukul 11.42 WIB mencapai Rp. 8.808.000, dan itupun belum beres, karena acara akan ditutup pada pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Ai mengatakan, kegiatan ini juga sekaligus dijadikan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat, Muspika dengan sekolah, khususnya dengan SMPN 2 Singajaya, dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap generasi bangsa, juga untuk meningkatkan kreatifitas, kemandirian dan kualitas diri.

Selain itu, kegiatan ini medapat dukungan dari SMK Riyadlul Hudya, SLB Cahaya Al-Furqon, MTs Al-Ma’mun Fauzaniah, SMPN 1 Singajaya, SMP IT Mekartani, SMP 1 Banjarwangi, SMA Plus Nurul Bayan, MTs Darukutolibin, SMAN 20 Garut, SDN 1 Sukawangi, SMPN 1 Cisurupan, Komunitas Ngejah, MTs Riyadlul Huda, IPPNU Kecamatan Singajaya, Manggala Garuda Putih, VOB, Shoutun Nada, MI Al-Adzim, SDN 1 Pancasura, SDN 2 Cigintung, dan SDN 4 Cigintung.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang telah mendungkung kegiatan ini, dan Alhamdulillah, kegiatan yang dipelopori OSIS, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMPN 2 Singajaya ini berjalan lancar sesuai harapan,” ujarnya.

Sementara itu Danramil Kecamatan Singajaya, Kapten Inf Iyus Rustandi mengatakan, SMPN 2 Singajaya yang pertama mengadakan kegiatan ini, mudah-mudahan sekolah lain mengikutinya.

Untuk memeriahkan acara deklarasi dan penggalangan dana, digelar berbagai pentas diantaranya band musik, jejak pendapat orang-orang sukses, seni Marawis, seni pecak silat, tari, pantomim, dan lainnya. (Jajang Sukmana)***