SMPN 2 Garut Pelopor Gerakan Literasi di Kabupaten Garut

0
96

KANDAGA.ID – Dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda , SMPN 2 Garut menggelar acara launching dua judul buku yaitu Sasakala Lembur Kuring dan Euphoria Kata-Kata di lapangan upacara SMPN 2 Garut, Jl. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Kepala SMPN 2 Garut, Dr. Budi Suhardiman, M.Pd., ini dihadiri sejumlah 1.123 peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan SMPN 2 Garut, Senin (29/10/2018).

“Dengan rasa bangga dan syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah SMPN 2 Garut menyelenggarakan acara yang sangat-sangat penting dalam perjalanan SMPN 2 Garut kedepan,” ujar Dr. Budi.

Dr. Budi mengatakan, dengan melaunchingkan dua buah judul buku karya siswa dan karya bapak/ibu gur ini merupakan sejarah baru, karena tidak semua sekolah melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini.

“SMPN 2 Garut mengawali kegiatan launching buku hasil karya peserta didik, tenaga pendidik/kepala sekolah yang mudah-mudahan, ini awal dari pembangunan peradaban bangsa, peradaban pembangunan manusia, dimulai dari SMPN 2 Garut,” ujarnya.

Selain itu, mudah-mudahan dengan terbitnya dua buku ini, menjadi ragi, menjadi motivasi bagi kita untuk terus berkarya, menulis, menulis, dan menulis. Karena menulis merupakan bagian dari pembangunan umat manusia kedepan.

“SMPN 2 Garut sudah memulainya, SMPN 2 Garut merupakan pelopor gerakan literasi di Kabupaten Garut, karena sejak tahun 2015 literasi di sekolah ini telah dimulai, kita tahu bahwa pada waktu itu, kegiatan membaca massal telah di liput sebuah televisi swasta nasional, sementara di sekolah-sekolah yang lain baru dimulai tahun 2016,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., mengapresiasi kepada SMPN 2 Garut yang telah berinovasi, kreatif menerbitkan dua judul buku dari sekolah yang harus di reward.

“Ini bisa jadi menjadi bacaan literasi, tapi nanti kan untuk masuk ke literasi nasional harus ada penilai bukunya. Pokoknya Garut mantap, diharapkan apa yang telah dilakukan SMN 2 Garut ini, diikuti oleh sekolah lain,” pungkas Totong usai mengikuti Rapat koordinasi Ketua Komite Sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK di kantor Dewan Pendidika Kabupaten Garut.

Seperti diberitakan sebelumnya, buku yang berjudul “Sasakala Lembur Kuring” merupakan buku dongeng berbahasa Sunda yang berisi tentang legenda atau cerita di Kabupaten Garut. Sedangkan judul buku ‘Euphoria Kata-Kata’ karya peserta didik berupa antalogi puisi.(Jajang Sukmana)***