SMPN 1 Tarogong Kaler, Cetak Kualitas Karakter Peserta Didik Diawali Shalat Dhuha

0
276

KANDAGA.ID – Sudah rutin setiap Rabu sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) peserta didik melaksanakan Shalat Dhuha bersama dan Rabu ini diganti dengan Sholat Istisqa di Lapangan Olahraga SMPN 1 Tarogong Kaler, Jl. Raya Samarang No. 52, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Alhamdulillah kami terus menanamkan dan menumbuhkembangkan karakter religius supaya anak didik kita selaku generasi penerus bangsa ini berkarakter mulia, beretika, adab, sopan dan santun serta berprestasi,” ujar Kepala SMPN 1 Tarogong Kaler, H. Ahmad Hanafiah, M.Pd., Rabu (9/10/2019).

H. Ahmad mengatakan, sifat kegiatan ini bersinambungan yang diharapkan kualitas perserta didik SMPN 1 Tarogong Kaler memiliki karakter yang bermartabat sesuai fungsi dan tujuan dari 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Dalam kurikulum 2013, ada 18 karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik salahsatunya religius dan tanggung jawab terhadap dirinya dan kepada Sang Pencita, Allah SWT,” jelasnya.

H. Ahmad menjelaskan, pada pelaksanaan shalat dhuha ini banyak nilai-nilai yang dapat dipahami dan dilakukan peserta didik, diantaranya karakter jujur dalam melaksanakan ibadahnya dan toleransi terhadap teman yang disekitarnya.

“Pelaksanaan shalat dhuha harus disiplin, mulai persiapan hingga selesai harus tertib,” ujarnya,

Selain itu, tambah H. Ahmad, menunaikan ibadah shalat dhuha banyak manfaat diantaranya, terhindar dari keburukan, mententramkan batin, pelebur dosa dan dibukanya pintu rejeki.

“Mudah-mudahan dikemudian hari anak-anak SMPN 1 Tarogong Kaler ini menjadi genarasi yang berkarakter, berprestasi dan mampu bersaing dengan Negara lain,” harapnya. (Jajang Sukmana)***