SMPN 1 Cilawu Tampilkan Seni Tradisional Melalui “Paturay Tineung”

0
559

KANDAGA.ID – Komite SMPN 1 Cilawu melaksanakan acara “Paturay Tineung” kepada 400 peserta didik SMPN 1 Cilawu dan 26 peserta didik SMP Terbuka 1 Cilawu kelas IX Tahun Pelajaran 2018/2019 di lapangan olahraga SMPN 1 Cilawu Jl. Raya Genteng, Margalaksana, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

SMPN 1 Cilawu “Berkarakter, Bersih, dan Berprestasi” terfokus menjaga kepunahan seni-seni tradisonal di masyarakat, sehingga salah satu ektrakurikuler (Ekskul) di SMPN 1 Cilawu ini mengangkat dan menggali seni-seni tradisional yang ada dan menampilkannya pada acara “Paturay Tineung” seperti ini.

Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, S.Pd., merasa patut bersyukur dan berterimakasih kepada komite dan orang tua yang telah melaksanakan kegiatan perpisahan “Paturay Tineung” ini, yang sebelumnya komite meminta tempat untuk mufashahah di SMPN 1 Cilawu.

“Kami sebagai sebagai kepala sekolah hanya sebagai pengawasan saja, apa dan bagaimana acaranya. Dan kami meminta nanti laporan yang transparan, karena dikelolanya bukan oleh sekolah,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/4/2019).

Menurutnya, banyak kreasi yang ditampilkan peserta didik, mulai dari seni tari, jaipongan, pop Sunda, musik tradisional.

“Pokoknya banyak kreasi-kreasi seni yang ditampilkan di acara “Paturay Tineung” dan ini hasil murni dan pelatihnya juga murni dari SMPN 1 Cilawu,” jelasnya.

Selain itu, tambah Yusup, pada acara “Paturay Tineung” ini sudah biasa ada tausyiah yang kali ini oleh KH. Moh Ridwan dari Ciamis, juga menampilkan artis yaitu Nada Destiara duta Topeng, Kiki Rizki bintang pantura, dan Silvy Dangdut Akademi (DA) 4.

“Artis yang tampil sepenuhnya atas permintaan anak-anak, karena yang punya hajatnya anak-anak,” pungkasnya.

Acara “Paturay Tineung” dihadiri Muspika Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Ketua DKM, PGRI, Lurah, Ketua Ormas Pemuda Pancasila, orang tua peserta didik, dan tamu undangan lainnya. (Jajang Sukmana)***