SMP Plus Nuurul Mutaqin Gelar Seminar dan Try Out untuk Guru dan Siswa SD

0
183

Sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan, SMP Plus Nuurul Mutaqin Cisurupan menggelar Seminar bertemakan  dan try out USBN untuk siswa kelas 6 SD se-Kecamatan Cisurupan. Seminar menghadirkan dua nara sumber yaitu, Dr.Ajang Rusmana, M.Pd  selaku Ketua PGRI Cabang Cisurupan yang membedah tentang “Guru di Era Digital 4.0” dan Yasir Ismali, S.Pd. dengan tema “Pendidikan Religius sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Mempersiapkan Generasi Milenial” .

Semua peserta seminar tidak dikenakan biaya, semua fasilitas seminar gratis bahkan  peserta diberi uang duduk. Harapan dari seminar ini menambah wawasan kualitas pendidik (guru) di era revolusi 4.0 akan terjawab  dan tentunya berharap para pendidik mampu membentuk karakter peserta didik yang baik.

Selain seminar gratis, di hari yang sama sebanyak 300 siswa SD kelas 6 Se-kecamatan Cisurupan mengikuti Try Out USBN gratis. Para siswa belajar memecahkan soal-soal ujian dan memacu siswa SD meningkatkan kompetensinya. Lagi pula mereka dapat bersilaturahmi dengan kakak kelasnya yang berprestasi di SMP Plus Nuurul Mutaqiin sehingga diharapkan akan tumbuh minat belajar yang tinggi di kalangan siswa sekolah dasar. Pada kegiatan syukuran tersebut disponsori oleh Bank BPR Garut dan Penerbit Erlangga.

SMP Plus Nuurul Mutaqiin Cisurupan didirikan sejak 2003 oleh Yayasan Pendidikan Islam Nuurul Mutaqiin Cisurupan. Berada di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Garut telah meluluskan lebih 735 siswa. Para lulusannya terserap dan bersaing di sekolah lanjutan terkemuka SMA, SMK, MA, maupun pesantren di dalam maupun di luar Kabupaten Garut. Sekolah ini salah satu sekolah yang telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Selama setahun ini,  sekolah yang memiliki program unggulan Mentoring Islami, Tahfiz Qur’an, English  Conversation, Bahasa Arab dan  Sembilan program Ekstrakurikuler telah menorehkan prestasi yang sangat membanggakan semua pihak termasuk Bupati Garut. Sebut saja beberapa Minggu yang lalu Juara Pencak Silat tingkat Asia dan Eropa dihasilkan atas didikan sekolah ini.

Kepala SMP Plus Nuurul Mutaqiin, Rizal Rismawan, S.Pd. mengatakan sekolah yang dipimpinnya telah terakreditasi A dan selalu memacu peserta didik bahkan warga sekolah untuk menggapai visi sekolah yaitu terwujudnya pendidikan yang islami, unggul dan berprestasi. “Tahun ini telah kami buktikan dengan beberapa prestasi di tingkat Kabupaten bahkan tingkat Asia dan Eropa,” katanya.

Sekolah ini pada tahun pelajaran ini (2018-2019) menghasilkan sejumlah prestasi pada beberapa event diantaranya , Juara 1 photography Tk. Kabupaten di MA Persis Tarogong, Juara 1 Pidato B. Inggris Tk. Kabupaten di MA Persis Tarogong, Juara 1 Roket Splash Tk. Nasional di Lembang Bandung, Juara 1 Pencak Silat Tingkat Asia Eropa, Olimpiade PAI Tk. Kabupaten di MAN 3 Garut, Juara 1 Creative Bussines Competition (CBC) tk. Kabupuaten di MA Prrsis Tarogong,  “Sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan kepada sekolahnya, kami sengaja menyelenggarakan seminar gratis bagi para guru dan Try Out Ujian Nasional bagi siswa kelas 6 SD yang diselenggarakan hari Minggu, 10 Maret 2019 ini di kampus Nuurul Mutaqiin,”  terang Rizal.

Di sela-sela kesibukan seminar Rizal mengatakan , sekolahnya pada tahun pelajaran baru ini akan menerima peserta didik baru (PPDB) dengan program beasiswa tiga jalur bagi pendaftar gelombang pertama ini yaitu Jalur Beasiswa Akademik  menerima 15 orang (kriteria rangking 5 besar di sekolah yang dibuktikan dengan raport asli), jalur Tahfiz menerima 10 orang (kriteria hapal 30 Juz), dan Jalur Prestasi menerima 5 orang dibuktikan dengan sertifikat juara tk kabupaten dan juara tiga besar tingkat provinsi atau nasional.  Pendaftaran gelombang pertama ditutup tanggal 30 Maret 2019. (Budi Firdaus)*