SMKN 2 Garut Dukung Jawa Barat Juara Lahir Batin

0
54

KANDAGA.ID – Untuk mendukung dan mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, SMKN 2 Garut di Jl. Suherman No. 90, Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat menggelar pembinaan mental spiritual dengan metode Rukyah kepada 864 peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020 yang tersebar di 8 program keahlian/jurusan.

Rukyah dilaksanakan atas kerja sama SMKN 2 Garut dengan Rumah Rukyah Garut (RRG) yang pelaksanaannya di hari ketiga kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilapangan upacara, yang sebelumnya sama seperti hari pertama MPLS dengan melaksanakan shalat dhuha bersama.

“Di hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan MPLS ini, kami mengadakan pembinaan mental spritual metode Rukyah, diharapkan peserta didik baru masuk sekolah dalam keadaan sehat jasmani dan rohani sesuai visi Jawa Barat terwujudnya Juara Lahir Batin,” ujar Wakasek Bidang Kesiswaan, Ica Santana, S.Pd., MM., di ruang program studi keahlian teknik Audio Video (AV), Rabu (17/7/2019).

Wakasek Bidang Kesiswaan, Ica Santana, S.Pd., MM.

Ica menjelaskan, Rukyah sangat bermanfaat untuk melindungi dan menyembuhkan diri dari penyakit rohani dan penjagaan diri.

“Penyakit rohani semisal, meminggalkan shalat, malas membaca Alquran, emosional (pemarah) kecuali untuk kebaikan. Makanya penyakit rohani ini lebih berbahaya,” jelas Ica.

Sedangkan penjagaan diri, tambah Ica, agar kita menjadi juara. Contohnya penyakit ini diantaranya tidak mendengarkan nasehat, malas, tidak disiplin, dan hal negatif lainnya.

“Semoga dengan Rukyah ini semua cita-cita peserta didik baru tercapai dan semoga sekolah yang lain pun turut menyukseskan Jabar Juara Lahir Batin,” harapnya.

Ruqyah atau Rukyah secara terminologi adalah sebuah perlindungan, sedangkan secara etimologi syariat adalah doa dan bacaan-bacaan yang mengandung permintaan tolong dan perlindungan kepada Allah SWT untuk mencegah atau mengangkat bala/penyakit.

Dalam Islam, umat Muslim disunnahkan untuk meruqyah diri sendiri sebagaimana dikatakan sahabat Usman bin Abu al-Aash ra.

Adapun Rukyah yang sesuai syariat Islam adalah Ruqyah syar’iyyah, merupakan sebuah teknik terapi penyembuhan dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Quran dan do’a-do’a yang mu’tabaroh sesuai ketentuan-ketentuan Al-Quran dan As-Sunnah dengan meniatkan untuk melindungi dan menyembuhkan diri dari penyakit, juga bermanfaat bagi orang sehat dengan izin Allah sebagai perlindungan dan penjagaan dari berbagai mara bahaya dan penyakit. (Jajang Sukmana/berbagai sumber)***