SMKN 2 Garut Dikunjungi Rombongan MKKS SMK Tangerang

0
883

KANDAGA.ID – Sejumlah 50 kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS SMK Kabupaten Tangerang berkunjung ke SMKN 2 Garut di Jl. Suherman No. 90 Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Senin (25/2/2019).

Kedatangan rombongan di sambut langsung Kepala SMKN 2 Garut beserta jajaran, MKKS SMK Kabupaten Garut, para tenaga pendidik beserta tenaga kependidikan SMKN 2 Garut, juga dengan penampilan Paskibraka.

Kepala SMKN 2 Garut, Bejo Siswoyo, S.TP.,M.Pd., mengatakan, kedatangan rombongan Ketua MKKS SMK Kabupaten Tangerang memandang perlu berkunjung ke salah satu sekolah di Kabupaten Garut khususnya untuk kejuruan, dan mungkin SMKN 2 Garut oleh beliau-beliau dipandang perlu untuk dikunjungi.

“Maksud dan kunjungannya itu untuk sharing, sharing pengelolaan sekolah kejuruan. Tapi saya tahu dari semua sama, seluruh Indonesia yang mengelola sekolah kejuruan juga pasti sama, hanya mungkin ada sedikit perbedaan atau ada sedikit penyesuaian daerah,” ujarnya.

Menurutnya, di daerah Tangerang mungkin pengelolaannya ada sedikit berbeda dengan pengelolaan di Kabupaten Garut. Yang sedikit-sedikit itu akan diadakan diskusi. Diskusi-diskusi ini, kalau ada keunggulan, ditemukan sebuah keunggulan di SMKN 2 Garut mungkin bisa diaplikasikan di Tangerang, atau mungkin dapat dikolaborasikanlah dengan Kabupaten Tangerang.

“Setiap daerah berbeda, disini seperti ini, disana seperti apa. Nah, kalau ada keunggulan-keunggulan yang bisa diterapkan disana, kenapa tidak, atau sebaliknya,” ujarnya.

Bejo mengatakan, dari Kabupaten Tangerang akan menyampaikan keunggulan-keunggulannya, mudah-mudahan bisa dilaksanakan di Kabupaten Garut.

“Kebetulan, kedatangan tamu rombongan Ketua MKKS SMK Kabupaten Tangerang, maka kita juga mengundang Ketua dan pengurus MKKS SMK Kabupaten Garut,” ujarnya.

Kedatangan tamu ini tidak dihadiri KCD Wilayah XI, karena menurutnya, hari Senin itu hari rapat pimpinan di tingkat provinsi wajib dihadiri seluruh KCD, kasi, kasubag.

“Beliau menitipkan ucapan terima kasih atas kunjungannya, mudah-mudahan dapat sharing pengalaman best track disini bisa dilakukan disana, begitu juga sebaliknya kalau ada yang dipandang bagus, di pandang unggul di Garut, mudah-mudahan bisa diterapkan di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Kabupaten Tangerang, Iman Sutarya mengucapkan terima kasih kepada MKKS SMK Kabupaten Garut dan Kepala SMKN 2 Garut yang telah menerima kunjungannya dengan sungguh luar biasa dan berharap dari SMKN 2 Garut dapat melatih Paskibra di SMK Kabupaten Tangerang.

Iman mengatakan, kunjunganya ke SMKN 2 Garut selain untuk menjalin silatiurahmi antar SMK, dan melihat secara langsung perkembangan sekolah, sehingga hasil dari kunjungan ini akan di adopsi untuk meningkatkan kualitas SMK yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Kunjungan kami dikhususkan ke SMKN 2 Garut, jadi kami tidak kemana-mana, tapi kami sudah keliling-keliling selama dua hari di Kabupaten Garut ini,” ujarnya.

Iman berharap dari kunjungan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan, baik di wilayah Kabupaten Tangerang maupun Kabupaten Garut.

Ditempat yang sama, Ketua MKKS SMK Kabupaten Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM., mengatakan, kunjungan MKKS SMK Kabupaten Tangerang ini dalam rangka silaturahmi sebagai saudara SMK yang berjumlah kurang lebih 50 kepala sekolah untuk bertemu dengan MKKS Kabupaten Garut.

“Disini yang utama sebagai tuan rumah SMKN 2 Garut, mudah-mudahan mereka bisa melakukan sharing tentang pendidikan dari masing-masing kabupaten, baik kemajuan dan kekurangannya akan saling mengisi untuk kemajuan pendidikan,” ujarnya.

H. Dadang mengatakan, jika memang banyak positifnya dari Kabupaten Garut, mereka akan mengadopsinya untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Tangerang begitu juga sebaliknya.

“Karena tidak semuanya sekolah di Kabupaten Tangerang itu besar, mungkin ada sekolahnya yang biasa-biasa saja, jadi mereka juga bisa melakukan study komprehensif, komparatif di SMKN 2 Garut ini,” jelasnya.

H. Dadang mengatakan, kunjungan ini sebagai pembelajaran dan silaturahmi, mungkin juga MKKS SMK Kabupaten Garut akan melakukan kunjungan balasan ke MKKS SMK Kabupaten Tangerang. (Jajang Sukmana)***