SMKN 1 Garut Melaksanakan SIC Guna Perkokoh Ketauhidan Peserta Didik

0
117

KANDAGA.ID – Untuk pengembangan keterampilan kecakapan bidang keagamaan yang esensial dari proses pendidikan, Rohani Islam (Rohis) SMKN 1 Garut menyelenggarakan kegiatan Study Islamic Comprehensif (SIC) yang rutin dilaksanakan setiap bulan Suci Ramadhan.

Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M.

Kegiatan SIC dilaksanakan mulai Senin-Rabu (20-29/5/2019) diikuti 1.683 peserta didik, terdiri dari 465 laki-laki dan 1.218 perempuan dari 48 kelas X dan XI ini secara resmi di buka Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., di lapangan “Garuda Hitam” SMKN 1 Garut, Jl. Raya Cimanuk No. 309 A, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (20/05/2019) pagi.

“Pembentukan karakter siswa dapat dikembangkan melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, serta kebiasaan yang dilakukan oleh siswa, salah satunya adalah dengan melaksanakan SIC terhadap seluruh siswa-siswi kelas X dan XI SMKN 1 Garut yang merupakan salah satu usaha untuk pembinaan dan pembekalan ilmu-ilmu mengenai keagamaan,” ujar H. Dadang.

Menurutnya, SIC ini dapat dijadikan sebagai ajang pembinaan dan pengembangan sikap atau karakter, kepribadian yang islamiyah dan merupakan salah satu program kerja tahunan yang telah dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini sangat penting khususnya bagi pesera didik itu sendiri dan umumnya bagi warga SMKN 1 Garut,” jalasnya.

H. Dadang mengatakan, tujuan dari SIC ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi sebagai sarana untuk beribadah. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang ajaran agama Islam.

Ketua Panitia SIC, Tri Endriardi Juliansyah, Kelas Teknik Laboratorium Medik (TLM-2)

“Selain mengisi kegiatan yang positif di bulan suci Ramadhan ini, juga untuk memperkuat akidah dan menanamkan akhlakul karimah, meningkatkan rukiyah ma’nawiyah peserta didik dan menumbuhkembangkan potensi diri,” jelasnya.

H. Dadang mengatakan, tiap tahun pemateri SIC mendatangkan para guru, para ustadz dari tiga kelompok besar organisasi Islam di Indonesia yaitu Nahdlatul Utama (NU), Muhammadiyah, dan Persis.

Pembaca do’a dari Eskul Rohis SMKN 1 Garut, Langga Putra Rahna Sofyan, (XI TKJ-3).

“Ketiga komponen tersebut untuk mengisi kegiatan yang dimulai pukul 08.30 – 13.30 WIB dengan meteri diantaranya puasa dan zakat, sejarah shalat tarawih, niat dan imsak, fiqih puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, itikaf dan laikatul qadar, ramadhan dan perbaikan diri, hikmah dan keutamaan puasa, amalan-amalan utama bulan ramadhan, serta menggapai ampunan ramadhan,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan SIC ini ketauhidan peserta didik semakin bisa meyakinkan, kemudian yang nanti dibutuhkan aplikasi anak-anak di dalam kegiatan sehari-hari. (Jajang Sukmana)***