SMKN 1 Garut Raih Adiwiyata Mandiri

0
466
Bangunan SMKN 1 Garut terlihat megah
Bangunan SMKN 1 Garut terlihat megah

 

Dengan usaha yang kuat, disertai do’a para warga sekolah, akhirnya SMKN 1 Garut berhasil meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup berupa Adiwiyata Mandiri, sebelumnya sekolah yang beralamat di Jl. Cimanuk ini juga mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dari kementrian yang sama. ” Alhamdulillah berkat kerja keras dan do’a, akhirnya kami mendapatkan prestise tertinggi dari negara. Kami berharap Kabupaten Garut juga bisa mendapatkan pula penghargaan , masa kalau sekolah bisa, kabupaten tidak bisa. Kami iri dengan Surabaya yang bisa lima kali berturut-turut mendapatkan Adipura kencana, Magelang juga sama. Jadi kita berharap Garut bisa kembali meraih prestise seperti jaman (bupati) Pak Agus Supriadi dulu,” kata Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM, saat memperkenalkan piala Adiwiyata Mandiri, di lingkungan sekolahnya, Jum’at (04/08/2017).

Dikatakannya, setelah mendapatkan Adiwiyata Mandiri dari Pemerintah RI ini, pihaknya tengah menjajaki lomba untuk mendapatkan penghargaan serupa di tingkat Asia tenggara.” Saya akan tanya warga sekolah siap apa tidak ikut di tingkat Asean,” ujarnya.

Ditambahkannya, efek dari diraihnya Adiwiyata Mandiri, banyak sekolah dari kabupaten/ kota di Jawa Barat yang ingin melakukan studi banding ke sekolanya.” Begitu mendapatkan penghargaan ini, langsung beberapa sekolah berencana melakukan study banding,” ungkap Dadang.

Penghargaan tertinggi dari Kementerian  Negara Lingkungan  Hidup itu, diserahkan Presiden RI, Selasa (01/08/2017). Adapun kriteria penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut, lanjut Dadang, diantaranya tidak boleh ada rokok di lingkungan sekolah, harus ada resapan air yang tertata, penghijauan yang dikelola sendiri dan yang lainnya.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Dalam implementasinya Kementrian Negara Lingkungan Hidup berkerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan Program Adiwayata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah dapat melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan dan menjaga lingkungan hiudup di sekolah dan sekitarnya.(Jay).