SMKN 1 Garut, Gelar Pemilihan Ketua OSIS Online

0
330

KANDAGA.ID – Sudah 10 tahun pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Garut, Jl. Raya Cimanuk No. 309 A, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan cara dipilih langsung oleh seluruh peserta didik. Demikian dikatakan Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM., kepada wartawan, Jumat (15/2/2019) siang.

“Pemilihan Ketua OSIS disini sudah tahun ke-10, sudah lebih dulu dari pemilihan presiden langsung sebenarnya. Kenapa di design sedemikian rupa, saya memperhatikan sekarang itu, perbedaan itu adalah indah,” ujarnya.

H. Dadang menjelaskan, cara seperti ini untuk melatih supaya siap menang dengan sportif kalah juga dengan sportif.

“Jadi didewasakan anak-anak itu, kalau sudah keluar sudah terlatih dan membudayakannya kepada masyarakat. Jangan sampai dengan adanya pemilu yang nota bene hanya sehari, terjadi perpecahan bangsa, perpecahan antar daerah, antar suku, antar agama,” harapnya.

H. Dadang menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya menanamkan kebhinekaannya betul-betul, jaga NKRI.

“Silahkan menyampaikan visi misi dan yang lain menanggapinya untuk bisa membawa sekolah lebih baik dan lebih maju. Ekspeksasi silahkan dikembangkan, sharing dengan sekolah nanti untuk kemajuan-kemajuan anak dalam bidang ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler,” ujarnya.

H. Dadang menjelaskan, pemilihan Ketua OSIS di SMKN 1 Garut sekarang sudah online kerahasiaan dan kenetralannya dijaga serta menghemat biaya, jika dibandingkan dengan menggunakan kertas, voting dan sebagainya.

“Awalnya ada 18 kandidat, terus di saring dan mengerucut hingga dua kandidat,” jelasnya.

H. Dadang menjelskan, visi misi yang disampaikan para kandidat itu, ada yang membawa progamnya mereka. Misalnya, kalau saya terpilih, akan menggelar festival budaya se-Jawa Barat.

“Yang mengisiasi sekolah, anak-anak yang menggerakan, anak terus di pompa didewasakan. Seperti kemarin kan disini ada festival film, itu adalah program kerja OSIS, sekarang juga ada yang program English club, Jepan club, dan Korean club,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***