Siapkan Generasi Emas, Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0

0
441

KANDAGA.ID – IGTKI-PGRI Kecamatan Garut Kota menggelar Seleksi Prestasi Kreativitas Siswa-siswi dan Guru (SPKSG) Taman Kanak-kanak tahun 2019 yang bertajuk Gebyar Prestasi Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Garut Kota dengan tema “Melalui Gebyar Prestasi TK Kita Persiapkan Generasi Emas Yang Sehat, Cerdas, Ceria dan Kreatif serta Kita Tingkatkan Layanan PAUD yang Berkualitas” bertempat di Jl. Jend. Sudirman No. 1A, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa, (19/3/2019).

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Garut Kota, Yani Handayani, S.Pd., M.Pd., mengatakan, kegiatan ini untuk mengasah potensi minat bakat anak maupun guru TK di lingkungan Kecamatan Garut Kota.

“Ini kegiatan tentang gebyar prestasi TK, jadi pada intinya kegiatan ini seleksi prestasi baik siswa maupun guru TK,” ujar Yani, yang mengaku mengajar di TK Baitul Rahman ini.

Yani menjelaskan, ada berbagai macam yang diperlombakan untuk anak TK yaitu, lomba mewarnai, lomba nyanyi solo, lomba tahfidz ayat kursi, dan nanti di Kerkhof ada lomba balap sepeda roda dua.

“Lomba untuk gurunya yaitu, lomba melukis payung, menulis indah, dan lomba inovasi oembelajaran (Inobel),” jelasnya.

Menurut Yani, tujuan lomba ini selain untuk mengembangkan bakat dan minat, juga mencari siswa dan guru TK yang berprestasi.

“Pada intinya melatih keberanian, percaya diri, melatih anak untuk disiplin, juga untuk menanamkan serta menumbuhkembangkan minat bakat seni yang terpendam dan kreatifitas juga pengembangkan pedagogik kompetensinya,” ujarnya.

Yani merasa bersyukur kegiatan gebyar presrasi anak TK di Kecamatan Garut Kota mendapat respon yang sangat positif dengan antusias peserta yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah ada peningkatan dari tahun kemarin sekitar 1.100 peserta dan sekarang 1.200 lebih peserta,” ujarnya bangga.

Yani menjelaskan, kegiatan hari ini selain dihadiri Korwil dan PGRI, juga direncanakan akan dihadiri Ibu Kadisdik dan Bunda Paud Ibu Camat.

“Kegiatan IGTKI PGRI Kecamatan Garut Kota ini juga akan tersambung dengan kegiatan tingkat Kabupaten pada bulan April mendatang,” jelasnya.

Yani berharap, untuk kedepan, mudah-mudahan Kecamatan Garut Kota tetap meraih juara umum di tingkat kabupaten, dan ternyata di Kecamatan Garut Kota banyak bakat-bakat yang terpendam, baik siswanya maupun gurunya.

“Insya Allah, kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk meraih juara umum di tingkat kabupaten, karena melalui ajang-ajang dan fasilitas seperti ini kita bisa mengasah potensi minat bakat anak maupun guru,” pungkasnya.

Berikut daftar juaranya :
Lomba Mewarnai; Juara I No. peserta 122, juara II No. 1366, dan juara III No 260. Juara harapan I No. peserta 121, No. 260, No. 381, dan juara berbakat I No. Peserta 270, No. 250, No. 1206, dam No. 1065.

Lomba Nyanyi Solo; Juara I No. Peserta 20 (Hafidz), juara II No. 02 (Muhammad Yazka), dan juara III No. 09 (Bilal Rustang. Sedangkan Juara Harapan I No. 24 (Ibam), No. 27 (Sopian), dan No. 05 (M. Dzoka).

Lomba Tahfidz Ayat Kursi; Juara I No. Peserta 09 (khanza), No. 20 (Nabila), dan No. 02 (Inaya Azmi Anjani). Sedangkan Juara Harapan I No. Peserta 13 (Farah Azkadina), No. 07 (Delisha Anira), dan No. Peserta 01 (Quinsha Shafiqa). (Jajang Sukmana)***