Selain Memadamkan Api, Disdamkar Juga Punya Tim Animal Rescue

0
88

kandaga.id – Mungkin orang tidak banyak tahu bahwa Damkar bukan hanya bertugas memadamkan api, tetapi memiliki tim non kebakaran yaitu Animal Rescue.

Seperti yang terjadi di Bank BJB Kantor Pembantu Balubur Limbangan di Kampung Sukasirna RT 03/RW 02, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Balubur Limbangan. Seekor kucing terjepit di rolling door, yang mana UPT Disdamkar Balubur Limbangan mendapat laporan dari Satpam Hendi (29) pada awalnya merasa kebingungan, Rabu (19/08/2020).

Petugas Animal Rescue UPT Disdamkar Balubur Limbangan berupaya menyelamatkan kucing yang terjepit di Gedung Perkantoran Bank Pembantu BJB, di Kampung Sukasirna, RT.03 RW 02, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Balubur limbangan Kabupaten Garut, Rabu(19/08/2020). (Foto : Agus Rahmat/Admin Dinas Damkar Kab. Garut).

Komandan Regu (Danru) UPT Disdamkar Balubur Limbangan, Sukmana, mengatakan pihaknya menerima laporan dari Satpam BJB sebelum buka kantor, ada seekor kucing yang terjepit rolling door.

“Penyelamatan pun cukup dramatis, rentang waktu kurang dari setengah jam proses evakuasi, tindakan pertama kucing diberi minum, kepala kucing dielus-elus agar tenang, dan Alhamdulillah kucing tersebut berhasil diselamatkan tanpa mengalami cedera sedikit pun, meski terlihat trauma,” ujar Sukmana.

Sukmana menerangkan, awalnya proses evakuasi tanpa menggunakan peralatan. Namun kucing tidak kunjung keluar dari jepitan rolling door, kemudian petugas berinisiatif mengalungkan kantong plastik (kresek) ke badan kucing.

“Kita coba tarik-tarik kresek sambil digerak-gerak badan kucing, dan Alhamdulillah berhasil, kami merasa lega dan baru kali ini mengevakuasi kucing terjepit, yang paling sering sarang tawon,” pungkasnya, sambil meneruskan tugas, menyusul laporan kebakaran di Kampung Cicurug, Desa Neglasari, tidak jauh dari lokasi proses evakuasi kucing. (Jajang Sukmana/mediacenter.garutkab.go.id)***