Seberkas Harapan SDN 4 Haruman

0
91

KANDAGA.ID- Berdiri sejak tahun 1989, SDN 4 Haruman yang terletak di Jl. Raya Tutugan Leles, Ds. Haruman, Kec. Leles, Kab. Garut, keberadaannya seolah dipandang sebelah mata. Padahal, sekolah ini berada di lokasi yang cukup strategis. Sekolah yang dikepalai oleh N. Dede Maryati, S.Pd. ini, kini memiliki tenaga pendidik berjumlah 4 orang. Jajaran pendidik ini memberikan layanan kemanusiaan bagi 50 anak didiknya dengan penuh pengabdian.

Sekolah yang berdiri di atas lahan seluas 350 m2 ini memiliki empat ruangan, terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruang guru. Masing-masing ruang kelas terdiri dari dua tingkatan, dan dididik oleh seorang guru.

Saat dimintai keterangan, para guru di SDN 4 Haruman merasa prihatin dengan kondisi ini. Selain dikarenakan jumlah anak didiknya yang sedikit, juga bangunan sekolahnya yang kurang memadai dan mengalami kerusakan di beberapa titik. Lebih lanjut, pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa ini mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah, baik dari segi kebijakan “pemerataan”, hingga perbaikan sarana dan infrastruktur.

Tidak mudah saat dihadapkan pada situasi seperti ini. Namun, mereka telah mengajarkan arti tabah. Mereka senantiasa mengupayakan yang terbaik, hingga kelak anak didiknya tumbuh menjadi manusia laik, dan memiliki harapan-harapan yang baik. (Fitri Ayu)***