SDN 4 Sukanegla Manfaatkan Musim Kemarau Sebagai Pendidikan Karakter

0
52

KANDAGA.ID – Musim kemarau berkepanjangan namun cuaca tersebut dimanfaatkan SDN 4 Sukanegla sebagai pendidikan karakter peduli lingkungan.

“Saya selaku pimpinan tentunya harus memberi contoh agar memelihara lingkungan sekolah tetap hijau, sejuk dan asri,” ujar Kepala SDN 4 Sukanegla, Sudrajat Cahya Gumelar, S.Pd., M.Pd., melalui WhatsApp (WA), Rabu (18/9/2019).

Peserta didik SDN 4 Sukanegla di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diwajibkan untuk membawa masing-masing 1 botol air untuk menyiram tanaman yang ada di dalam lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah, walau pun cuaca kemarau berlepanjangan melalui kegiatan ini dengan menyiramkan 100 botol air semua tanaman di sekolah tetap indah dan hijau,” tambahnya.

Sudrajat menjelaskan, kegiatan ini sebagai aplikasi dari Perpres Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam rangka menanamkan serta menumbuhjembangkan generasi bangsa agar peduli lingkungan dan itu merupakan bagian dari 18 pendidikan karakter.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan cinta lingkungan ini jadi terbiasa, sehingga para peserta didik paham dan mengerti arti serta makna lingkungan,” harapnya. (Jajang Sukmana)***