Revitalisasi Kwarran Gerakan Pramuka Garut Kota

0
56

KANDAGA.ID – Kali pertama Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Garut Kota menggelar pelantikan Majlis Pembimbing Saka Bhakti Husada tingkat Ranting Garut Kota Masa bakti 2019-2022 sekaligus pembekalan kepada Mabigus se-Garut Kota di GOR PGRI Kecamatan Garut Kota, Jl. Jend. Sudirman No. 1A, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2019).

Ketua Mabiran mengatakan, keberadaan Saka Bakti Husada Gerakan Pramuka Kecamatan Garut Kota yang pertama dan hal baru bagi instansi kesehatan di lingkungan Puskesmas yang ada di wilayah kecamatan Garut Kota. Oleh karena itu, jelas Mabiran, gerakan Pramuka ini menjadi gerakan yang menyeluruh di semua unsur.

“Gerakan Pramuka itu harus masuk ke dalam semua unsur baik yang terkait maupun tidak termasuk didalamnya dengan institusi kesehatan dengan tugas dan fungsinya,” jelasnya.

Menurutnya, pembentukan kepengurusan Saka Bakti Husada Gerakan Pramuka untuk ranting Garut Kota tentu saja dibentuk berkaitan dengan infra struktur organisasi, tentu ada maksud dan tujuannya yang sudah terencana dan tersusun. Apa yang menjadi maksud dan tujuan dari pada Saka Bakti Husada ini.

“Instansi kesehatan itu akan sangat terkait dengan semua aspek karena yang namanya kesehatan itu merupakan pelayanan dasar dari pemerintah kepada warga masyarakat, baik kondisi biasa, kondisi normal, tidak normal apalagi kondisi siaga waspada dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Kwarran Garut Kota, Jajang Suryapraja, S.Pd., mengatakan, pelantikan dilakukan oleh Ketua Mabiran (Camat Garut Kota), Drs. Bangbang Hafid, M.Si., dihadiri Danramil, Korwil, Kepala UPT Puskesmas Pasundan, UPT Puskesmas Siliwangi, UPT Puskesmas Guntur dan Ketua Mabigus (Kepala SD) se-Garut Kota.

“Ini merupakan revitalisasi Gerakan Pramuka Ranting Garut Kota mulai dari Siaga, Prasiaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega yang bertujuan untuk membangun 18 karakter jiwa yang wajib di miliki,” singkatnya. (Jajang Sukmana)***