Olimpiade PPKn SMP, Tanamkan Cinta NKRI

0
162

KANDAGA.ID – Dengan melibatkan 6 kecamatan, sejumah 58 peserta dari 20 sekolah, mengikuti Olimpiade yang keduakalinya diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP Rayon 3, di SMPN 1 Sukawening, Jalan Lapang Trikarya, Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Minggu (21/10/2018).

Atas nama Pengurus MKKS SMP, Ketua MPGM PPKn, Sopian Sopandi, S.Pd., kepada para peserta mengatakan, maksud dan tujuan dari olimpiade adalah supaya para siswa tahu, faham dan menyadari terhadap hak dan kewajibannya sabagai WNI.

“Kalian yang ikut Lomba PPKn merupakan warga negara yang peduli dan mencintai negaranya, kalian harus kritis terhadap situasi dan kondisi yang ada di sekitar kalian, dan di sekolah kalian harus menjadi contoh bagi yang lainnya,” ujarnya.

Panitia Pelaksana Olimpiade, Khaerudin, S.Pd., memgatakan, secara teknis pelaksaanaan sama dengan tahu sebelumnya, yaitu pilihan ganda sebanyak 60 soal.

“Hasil olimpiade ini, akan dipilih nilai terbaik yang masuk 10 besar untuk dijadikan utusan dari Rayon 3, mengikuti olimpiade di tingkat Kabupaten Garut. Namun hanya 6 peserta akan dapat piala dan sertifikat. Sedang yang 4 hanya mendapat sertifikat saja,” jelasnya.

Sementara itu, Pembingbing Guru PPKn dari SMP Al-Madinah Cibatu, Aep Saepudin, menyambut baik olimpiade ini, selain untuk memotivasi giat belajar juga untuk menanamkan serta menumbuhkembangkan rasa nasionalisme, cinta NKRI pada diri peserta didik.

“Alhamdulillah, kami mengutus 3 peserta, semoga meraih nilai yang terbaik dan masuk 10 besar,” singkatnya. (Jajang Sukmana)***