Netralitas TNI Dalam Pemilu, Bahwa Tentara Profesional

0
22

KANDAGA.ID – Dengan tema “Melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan pemilu baik pileg maupun pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI”.

Kodim 0611 Garut melaksanakan pembinaan netralitas TNI dalam Pileg/Pilres 2019 kepada anggota TNI, PNS, Persit Kodim 0611 Garut di Aula Graha Bakti Makodim 0611 Garut, Jl. Veteran No. 1 Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (11/03/2019) pagi.

“Kegiatan pembinaan netralitas TNI , umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegas Dandim 0611 Garut, Letkol. Inf. Asyraf Azis, S.Sos.

Menurutnya, Pemilu mempunyai nilai sangat strategis bagi perjalanan bangsa Indonesia, karena akan menentukan siapa wakil rakyat dan pemimpin negara untuk periode 5 tahun kedepan.

“Dalam pelaksanaan Pemilu baik pileg maupun pilpres, setiap prajurit TNI wajib bersikap netral itu tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak,” ujarnya.

Dandim 0611 Garut menjelaskan, dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, ditegaskan bahwa tentara profesional yaitu tentara yang terlatih terdidik dilengkapi secara baik tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin kesejahteraannya.

“Konsistensi netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu baik pileg maupun Pilpres. Netralitas TNI merupakan reformasi internal TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” jelasnya.

Dandim 0611 Garut meyakini dan percaya, kegiatan pembinaan netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres tahun 2019 hari ini dapat memberikan inspirasi dan mendorong semangat kepada kita untuk dapat bekerja yang terbaik bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

“Kepada Ibu-ibu Persit, silahkan gunakan hak pilihnya untuk pemilihan Pileg dan Pilpres tahun 2019 jangan sampai Golput,” imbau Dandim 0611 Garut. (Jajang Sukmana)***