MPLS di SMKN 2 Garut Diawali Shalat Dhuha

0
181

KANDAGA.ID – Sudah menjadi tradisi bentuk penyambutan di awal masuk sekolah peserta didik baru jenjang SMP, SMA, SMK melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di Kabupaten Garut pelaksanaan MPLS secara serentak dilaksanakan Senin, 15 Juli 2019 di masing-masing sekolah.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMKN 2 Garut, Ica Santana, S.Pd., MM., melalui WhatsApp (WA) mengatakan, kegiatan MPLS selain mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didi baru, mereka juga akan memiliki teman baru, guru baru yang akan menjadi satu kesatuan dalam lingkungan sekolah.

“Pelaksanaan MPLS di SMKN 2 Garut dilaksanakan selama tiga hari Senin-Rabu (15-17/7/2019),” terang Ica, Senin (15/7/2019) malam.

Ica menerangkan, pembukaan MPLS di SMKN 2 Garut dibuka oleh Kepala KCD Wilayah XI yang diwakili Kasi Pengawas, Drs. H. Akib Ibrahim, yang sebelumnya melaksanakan Sholat Dhuha bersama dilanjutkan ceramah keagamaan dan ini merupakan bagian yang wajib dimiliki peserta didik, dari 18 nilai pendidikan karakter.

“Pemberian materi ini sebagai pembinaan mental yang paling utama dalam karakter religi,” ujarnya.

Ica mengatakan, setelah kegiatan itu dilanjutkan sambutan Kepala SMKN 2 Garut, Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., kemudian sambutan Kepala KCD Wilayah XI sekaligus membuka pelaksanaan MPLS serta penyerahan peserta didik oleh perwakilan orang tua kepada kepala sekolah.

“Pendidikan karakter sebagai kunci penting dalam pembentukan peserta didik, supaya generasi memiliki kompetensi yang cerdas dan baik, unggul, kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif,” jelasnya.

Ica menerangkan, ke 18 Pendidikan Karakter yang perlu dimiliki peserta didik tersebut yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

“Kami berharap, dengan kegiatan MPLS ini dapat terlahir anak bangsa dari SMKN 2 Garut yang mampu bersaing dan menorehkan prestasi baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***