Menjadi Pionir, SDN 1 Leles Konsisten Melahirkan Para Visioner

0
166

KANDAGA.ID-Angin kemarau bulan Oktober mengiringi langkah wartawan Kandaga saat mengunjungi SDN 1 Leles. Berada di jantung kecamatan, sekolah ini begitu strategis untuk menjalankan roda pendidikan. Sekolah yang berlokasi di Jl. Trisula No. 6, Ds. Leles, Kec. Leles, Kab. Garut ini berdiri di atas lahan seluas 711 m2.

Sejak tahun 1932, SDN 1 Leles sudah menunjukkan eksistensi di dunia edukasi. Kabarnya, sekolah yang sudah ada pada masa pra kemerdekaan ini menjadi sekolah dasar pertama di Kecamatan Leles. Meski telah berusia senja, sekolah ini tetap “bugar” dalam  memberikan layanan kemanusiaan. Sebagai pionir, SDN 1 Leles senantiasa meng-upgrade diri agar kualitasnya semakin meningkat.

Pada tahun ini, tercatat ada 218 anak didik, terdiri dari 112 orang laki-laki, dan 106 orang perempuan. Anak didik sebanyak itu dididik oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah 11 orang.

Anak didik di SDN 1 Leles mendapatkan bimbingan yang baik. Pasalnya, dalam rangka mengakomodasi pengembangan diri anak didiknya, sekolah ini menyelenggarakan ekstrakulikuler pramuka, angklung, seni tari, dan renang.

Sementara itu, torehan prestasi selama ini merefleksikan kualitas layanan pendidikannya. Pada tahun ini, sekolah yang dipimpin oleh Dra. Ayi Mulyati, M.Pd. ini menyabet kejuaraan dari berbagai kompetisi tingkat kecamatan, dimulai dari OSN, O2SN, FLS2N, hingga Pekan Kreativitas PAI. Pada kegiatan OSN, anak didik SDN 1 Leles menyabet juara 1 pada olimpiade matematika dan IPA. Sedangkan pada kegiatan O2SN, olahraga renang putri menduduki peringkat 1, dan bulu tangkis menduduki peringkat 2. Di sisi lain, pada kegiatan FLS2N, lomba kaligrafi putra dan putri menyabet juara 1 dan 3. Terakhir, pada kompetisi “Pekan Kreativitas PAI”, SDN 1 Leles menyabet juara 1 lomba menyanyi solo, pantomim, kriya anyam, gambar bercerita, dan juara 2 seni tari kreasi. Mengetahui deretan prestasi tersebut, tak ayal jika sekolah ini sering memboyong piala juara umum.

Dra. Ayi Mulyati, M.Pd.

Mendulang  kejuaraan yang patut diacungi jempol, ketercapaian ini menjadi motivasi agar senantiasa berprestasi. Selaku kepala SDN 1 Leles, Ayi Mulyati berharap kedepannya, kualitas pendidikan semakin meningkat, dan SD yang dipimpinnya ini mampu mencetak generasi yang berwawasan ke masa depan (visioner). (Fitri Ayu)***