Menakjubkan, SMKN 2 Garut Menggelar Kegiatan Khatam Al-Qur’an dalam 90 Menit

0
318

KANDAGA.ID – Gerakan Pramuka Gugusdepan (Gudep) 02.095 – 02.096 SMKN 2 Garut menggelar kegiatan Khatam Al-Qur’an dalam 90 menit di Mesjid Salman SMKN 2 Garut Jl. Suherman No. 90, Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (25/5/2019) sore.

Implementasi Khatam Al-Qur’an ini prakarsa dewan ambalan Ir. H. Juanda – Laksamana Malahayati Pramuka SMKN 2 Garut yang diikuti 60 peserta terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang di pimpin langsung Kepala SMKN 2 Garut, Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., selaku Mabigus.

Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd.

“Ini kegiatan pramuka di bulan Suci Ramadhan yang bertepatan bulan turunnya Al-Quran, kita menfaatkan untuk membaca Al-Quran dan dijadikan pemicu dalam mengimplementasikan Dasa Darma Pramuka atau sepuluh perbuatan terpuji yang harus dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ka Mabigus Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., didampingi Wakasek Hubinmas, Agus Kurnia, S.Pd.

Dia berharap, implementasi dari Khatam Al-Qur’an dalam 90 menit ini dapat ditularkan dan dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

“Kalau kita bareng-bareng, mudah-mudahan barokahnya dengan menamatkan Al-Quran dalam 90 menit ini, mendapat pahala bagi kita semua, baik yang hadir, yang baca maupun yang mendengarkan,” ucapnya.

Selain itu, tambah Bejo, kegiatan ini sebagai upaya menanamkan dan menumbuhkembangkan kepada anak-anak pramuka supaya Al-Quran dijadikan landasan dan petunjuk dalam kehidupan anak-anak kita.

“Terampil saja, kompeten saja di bidang kejuruan di industri itu di out, karena yang dibutuhkan orang yang sholeh, jujur, disiplin, dan mau bekerjasama,” jelasnya.

Menurutnya, jadi orang yang berakhlaqul kharimah itu rasanya jadi enak, ketemu dengan orang yang diatas, ketemu dengan guru, ketemu dengan sesama dan ketemu dengan adik kelasnya dia tahu harus bagaimana adabnya.

“Mudah-mudahan dengan mengimplementasikan Dasa Darma Pramuka, peserta didik SMKN 2 Garut menjadi manusia yang berakhlaqul kharimah,” pungkasnya.

Berikut isi Dasa Darma Pramuka berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 036 / KN / 79 yang sekarang digunakan yaitu 1). Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2). Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; 3). Patriot yang sopan dan ksatria; 4). Patuh dan suka bermusyawarah; 5). Rela menolong dan tabah; 6). Rajin, terampil dan gembira; 7). Hemat, cermat dan bersahaja; 8). Disiplin, berani dan setia; 9). Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; dan 10). Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Kegiatan Khatam Al-Qur’an dalam 90 menit ini diisi dengan tausyiah dan diakhiri dengan melaksanakan buka puasa bersama di halaman depan SMKN 2 Garut. (Jajang Sukmana)***