Memelihara Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Korem 062/Tn Menggelar Danrem Cup V

0
275

KANDAGA.ID – Dalam rangka mewujudkan kepedulian serta menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang olahraga persepakbolaan, Korem 062/Tarumanagara menggelar turnamen sepakbola Danrem Cup V 2019 yang diikuti 58 tim berasal dari wilayah Priangan Timur.

Upacara pembukaan berlangsung di Lapangan Makorem 062/Tn, Jl. Bratayuda No.65, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini dihadiri Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, FKPD Kabupaten Garut, Para Dandim, Kasi, Dankasatbalak Jajaran Korem 062/Tn, Kadispora, Ketua KONI, PSSI dan Persigar Kabupaten Garut, Rabu (28/8/2019).

“Turnamen biasanya hanya tim dari Garut, tetapi kali ini dikembangkan sesuai dengan judulnya se-Priangan Timur, sehingga masing-masing wilayah ada perwakilannya,“ ujar Danrem 062/Tn, Kolonel Inf. Parwito usai membuka acara kepada beberapa awak media.

Danrem 062/Tn mengatakan, open turnament sepakbola Danrem Cup ini merupakan salah satu upaya dalam rangkaian meramaikan HUT Kemerdekaan RI, HUT Korem 062/Tn, dan HUT TNI nanti.

“Kita melihat, memonitor atlit-atlit sepakbola khususnya di wilayah Priangan Timur sehingga sesuai harapan kita, nantinya di wilayah Priangan Timur itu pun juga dapat melahirkan atlit-atlit sepak bola, yang merupakan olahraga kebanggaan masyarakat di Indonesia ini,” jelasnya.

Selain itu tambah Danrem 062/Tn, kegiatan ini sebagai salah satu sarana komunikasi dengan masyarakat, agar silaturahmi itu tetap terjaga, yang endingnya adalah kemanunggalan TNI dan rakyat itu tetap terpelihara dengan baik.

“Untuk tindak lanjut dari sepakbola ini, tentunya nanti apabila ada tim-tim yang bagus, nanti akan ada tim monitoring juga, kebetulan nanti malah pada saat penutupan itu rencananya akan dihadirkan tim dari Persib untuk melihat juga, bagaimana kualitas pemain-pemain sepakbola di wilayah Priangan Timur,” pungkas Danrem 062/Tn.

Turnamen ini menggunakan sistem babak pertama dan kedua sistem setengah kompetisi, bàbak 16 besar sampai final menggunakan sistem gugur, dan akan memakan waktu 51 hari dan 77 pertandingan.

Ketua KONI Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., mengapresiasi dan merasa yakin turnamen Danrem Cup V ini berlangsung aman, tertib dan nyaman, sehingga bisa jadi prototype yang lain, pasalnya orang lain masih ada ke engganan untuk menyelenggarakan turnamen sepakbola.

“Turnamen ini patut diapresiasi oleh kita semua, dan yang menarik ini ajang uji coba berhadapan dengan daerah lain. Karena ini sebagai uji coba anak-anak kita dalam rangka menghadapi dan meningkatkan intensitas pertandingan, bisa ngukur,” ujarnya

Jadi kata Syakur, tolong kepada Ketua PSSI Garut agar kegiatan ini dijadikan momentum sosialisasi Porkab tahun 2020. Karena Porkab itu suatu amanat yang harus dilaksanakan semeriah mungkin.

“Saya menginginkan Porkab 2020 meriah seperti kegiatan PSSI kemarih meriah, pokoknya Porkab harus meriah sekali,”pintanya.

Syakur mengatakan, dirnya dengan pak bupati sudah menyiapkan lapang stadion, dan kemarin kita mengunjungi stadion pertandingan.

“Insyaallah stadion pertandingan akan selesai 2020, sehingga bisa digunakan untuk Porkab,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PSSI Kabupaten Garut, Amirudin Latif merasa bersyukur penyelenggaraan kegiatan ini koordinasi dengan PSSI berjalan baik, dan momen ini sebenarnya yang ditunggu-tunggu oleh para pemain sepakbola Garut setiap tahunnya.

“Mereka disini bisa unjuk prestasi, untuk kebolehan dan kami juga selalu memantau setiap kegiatan, kalaupun memang ada pemain-pemain yang bagus nantinya otomatis kita bisa fasilitasi ke depan,” ujarnya.

Dirinya mengapresiasi sekali kepada Pak Danrem yang setiap tahun menyelenggarakan acara ini, semakin banyak kompetisi PSSI semakin senang, karena akan bermunculan pemain-pemain yang bagus di setiap kompetisi yang ada.

“Setelah kegiatan ini disambung lagi dengan Liga Garut yang diselenggarakan oleh PSSI. Jadi ada berkesinambungan setiap bulannya, setiap acaranya terus-terusan PSSI akan menggeliatkan di Kabupaten Garut,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***