Kodim 0611 Garut Menggelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme

0
539

KANDAGA.ID – Dengan tema “Melalui kegiatan pembinaan komsos cegah tangkal radikalisme/separatisme kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme separatisme dalam rangka mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh”.

Kodim 0611 Garut menggelar kegiatan pembinaaan Komsos Cegah Radikalisme/Seperatisme di Gd. Graha Bakti Kodim 0611 Garut, Jl. Veteran No. 1 Kecamatan Garut Kota, Kabupatet Garut, Jawa Barat, Selasa, (27/08/2019).

Kegiatan Binkomsos yang dibuka oleh W.S. Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Teddy K ini, dihadiri para Danramil jajaran Kodim 0611 Garut, perwakilan kapolsek, camat, lurah/kades, tokoh Agama, tokoh masyarakat, mahasiswa dan para pelajar se-Kabupaten Garut.

Acara Binkomsos dibuka pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai Perwira acara adalah Pasi Ter Kodim 0611 Garut, Kapten Inf. H. Suwardi, S,Sy., M,Si.

Dalam sambutannya Dandim 0611 Garut yang dibacakan W.S. Dandim 0611 Garut mengatakan, pembinaan teritorial TNI AD pada hakekatnya adalah kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan.

“Pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan bantuan untuk mengatasi kesulitan masyarakat dalam pelaksanaan di lapangan, kegiatan tersebut membutuhkan suatu metode. Salah satu metode yang digunakan adalah komunikasi sosial (Komsos) yang merupakan upaya pekerjaan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AD.

“Hal ini guna menyampaikan pikiran dan pandangannya terkait dengan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta membangun memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” tegasnya.

Dandim 0611 Garut menegaskan, Komsos dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran fungsi dan tugas masing-masing.

“Diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul atau masuknya paham radikalisme/separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat, sehingga sedini mungkin dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi di lapangan,” jelasnya.

Menurut Dandim 0611 Garut, kegiatan ini memiliki tujuan, yaitu mewujudkan pertahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ada beberapa materi yang disampaikan pada penyelenggaraan kegiatan ini, yaitu Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Pembinaan Wawasan Keagamaan dan Kewirausahaan, dengan harapan terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme/separatisme bagi segenap komponen bangsa yang berada di wilayah jajaran Kotamawil TNI AD.

Terbentuknya komponen bangsa yang memiliki kepribadian dan jiwa kebinekaan guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI dan terwujudnya kerjasama antara TNI AD dengan segenap komponen bangsa dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan keagamaan serta kewirausahaan demi menjaga keutuhan NKRI. (Jajang Sukmana)***