Jelang Ramadhan, Disparbud Garut Menggelar Keramasan Sekaligus Pembinaan Komunitas Seni

0
204

KANDAGA.ID – Bidang Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menggelar silaturahmi sebelum memasuki bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah di Aula Disparbud, Jl. Ciledug No.120, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019).

Selain itu, juga melakukan pembinaan terhadap stakeholder terkait, yaitu para ketua komite, pengurus dan pimpinan sanggar/komunitas dengan mengundang nara sumber Yoyo C. Durachman, S.Sen., MM., dosen Fakultas Seni Pertunjukan dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dan Irno Sukarno Putra, Ketua Wilayah Jabar Ikatan Alumni ISBI Bandung.

Kegiatan dibuka Kadisparbud Garut yang diwakili Kabid. Kesenian, Aan Heryana, S.Sos., MM., dihadiri Ketua Dewan Kesenian Garut (DKG) Ajang Rahman dengan moderator Agus Obar dan sejumlah 25 peserta mewakili para ketua dan komite dalam kepengurusan DKG maupun pimpinan sanggar dan komunitas seni pertunjukan.

Dalam Diskusi Panel tersebut, pemateri pertama disampaikan Irno Sukarno Putra dengan judul materi “Manajemen Seni Pertunjukan”, dilanjutkan Aktor dan Sutradara Seni Pertunjukan, Teater maupun Sinetron, Yoyo C. Durachman dengan materi “Kreatifitas Seni dan Manajemen Seni”.

Di akhir sesi diskusi membahas beberapa permasalahan terkait seni pertunjukan khususnya mengenai “mahalnya” proses perijinan, kolaborasi kreatifitas dan pendanaan untuk terjadinya sebuah pertunjukan.

Dan dalam kesempatan tersebut disampaikan juga beberapa peluang pendanaan dan fasilitas khususnya untuk seni pertunjukan seiring dengan telah disahkannya UU No.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. (Jajang Sukmana)***