HUT Pramuka ke-58, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI

0
343

KANDAGA.ID – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut menggelar ucapara HUT Pramuka ke-58 di Lapangan Otto Iskandardinata (Alun-alun), Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).

Inspektur upacara dipimpin langsung Mabicab, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., diikuti lebih kurang 3.200 peserta terdiri dari Ka Mabigus SD, SMP/SMA/Sederajat, Pembina anggota Siaga, Penggalang Penegak dan Pandega.

Mengawali sambutannya Mabicab mengatakan, atas nama Bupati Garut dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Garut, mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka yang ke-58 tingkat Kabupaten Garut.

“Semoga Pramuka akan menjadi masa depan yang gilang gemilang. Pramuka adalah tumpuan Harapan Bangsa dan kalian semua adalah harapan-harapan bangsa yang akan menjadi generasi emas tahun 2045,” ucapnya.

Sementara itu, sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso, yang dibacakan Mabicab mengatakan, hari Pramuka kali ini mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Dalam sambutan Ketua Kwarnas tersebut terdapat enam hal yang disampaikan :

Pertama, Merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.

Kedua, Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Dengan globalisasi dunia seakan tanpa batas (borderless), begitu pula lalu lintas orang dan barang dapat berpindah dengan mudah.

Ketiga, Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang.

Keempat, Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana alam.

Kelima, Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukkan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan.

Keenam, Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting.

“Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka yaitu: 1. Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia 2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat 3. Menepati Dasadarma,” ujarnya.

Menurutnya, Dasadarma merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman bagi pramuka dalam bertingkah laku keseharian, yaitu: 1. Tagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia 3. Patriot yang sopan dan kesatria 4. Patuh dan suka bermusyawarah 5. Rela menolong dan tabah 6. Rajin, terampil dan gembira 7. Hemat, cermat dan bersahaja 8. Disiplin, berani dan setia 9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya 10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

“Sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Pramuka Siap Menjaga Keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Mabicab, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., menyerahkan beberapa piala dan penghargaan diantaranya piala Unggulan Utama Kwarran Giat yang diberikan kepada Ketua Kwarran Garut Kota, Jajang Suryapraja, S.Pd., dan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) yang diberikan kepada Lina Herlina, S.Pd., M.M.

“Alhamdulillah, dengan meraih penghargaan dan piala ini akan dijadikan awal revitalisasi Gerakan Pramuka Kwarran Garut Kota,” ujarnya Ketua Kwarran Garut Kota, Jajang Suryapraja, S.Pd., usai upacara.

Menurutnya, berkat kerja keras pengurus Kwarran Garut Kota dan mendapat dukungan penuh dari Korwil, Korwas, Mabigus se-Kecamatan Garut Kota termasuk Pembina dan anggota Pramuka, gerakan pramuka Kwarran Garut Kota ke depan lebih baik dan tambah berprestasi.

“Terima kasih kepada semua pihak, semoga gerakan pramuka jadi yang utama, mari bersama-sama untuk mencapai lebih baik lagi,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***