Hari keenambelas TMMD Ke-103, Masyarakat dan Anggota TNI Diperiksa Kesehatannya

0
281

KANDAGA.ID – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Garut menijau langsung progress rangkaian kegiatan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0611/Garut tahun 2018 yang memasuki hari ke-16 di Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Senin (30/10/2018).

Dua pejabat dari BPMPD Kabupaten Garut, Asep Jawahir dan Iyan saat meninjau kegiatan TMMD didampingi Danramil 1117 Kecamatan Singajaya Kapten Inf. Iyus Rustandi, tokoh Masyarakat sekaligus Penggagas Program TMMD, Saepulloh, SH.

Dalam kunjungan, Asep Jawahir sangat mengapresiasi Prorgam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-103 pada tahun 2018 di lingkungan Kodim 0611 Garut.

“TMMD ini memberikan suasana baru bagi masyarakat Desa Pancasura yang sebelumnya terisolir akses jalan yang sekarang sudah punya. Semoga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan roda perekonomian warga,” ujarnya.

Tampak dalam kunjung ke lokasi pengaspalan Kp. Sangiang Rt.02 Rw.04, mereka berbaur bersama Satgas dan warga saat penurunan aspal dari truck pengangkut.

Di tempat yang sama, Danramil 1117 Kecamatan Singajaya, Kapten Inf. Iyus Rustandi merasa bersyukur, berkat kekompakan, dan sinergitas Satgas TMMD dan warga sasaran fisik sudah mengenai sasaran dan berjalan sesuai rencana.

“Alhamdulillah, pengsapalan jalan sudah 1,3 Kilo dan progres jembatan sudah 60% tinggal menunggu pemasangan Bantalan WF. Sementara pemasangan Rangkaian jembatan akan dimulai besok karena material sudah sampai di lokasi Kampung Gadog, Desa Cigintung, Kecamatan Singajaya,” ujarnya.

Menurutnya, kinerja Satgas TMMD dan warga masyarakat patut mendapat apresiasi, mereka bersinergi bahu-membahu dengan semangat. Bahkan warga yang sudah usia lanjut antusias berpartisipasi tanpa pamrih dan suka rela.

Sementara itu, menurut Saepulloh, SH., tujuan dari TMMD adalah untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah tertinggal, terisolasi, untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Atas nama masyarakat Kecamatan Singajaya, khususnya masyarkat Desa Pancasura, mengucapkan terimakasih kepada Satgas TMMD dan masyarakat yang telah memberikan sumbangsih, baik tenaga maupun pikiran guna menyukseskan program TMMD ke-103 Kodim 0611 Garut, “ ucapnya.

Selain mendapat kunjungan dua pejabat dari BPMPD Kabupaten Garut ke lokasi yang sedang bergotong-royong , juga mendapat pelayanan dan perhatian khusus UPT Puskesmas Singajaya dengan melakukan pengobatan gratis, bagi warga dan anggota TNI untuk memastikan kesehatannya.

Kepala UPT Puskesmas Singajaya Kabupaten Garut, H. Achu Suhendar mengatakan, bersinergi dengan Satgas TMMD memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada angota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-103 Kodim 0611 Garut dan warga masyarakat.

“Selain itu, kami blusukan dari satu kampung ke kampung lainnya memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis seperti pada hari ini di Kp. Gadog Desa Pancasura,” ujarnya.

Menurutnya, UPT Puskesmas Singajaya bersama TNI, bersinergi akan terus memantau kondisi kesehatan Satgas dan warga.

“Kami juga akan memberikan pengobatan secara gratis dan apabila ada yang emergency baik warga ataupun anggota TNI, kami selalu siaga untuk membawa ke rumah sakit terdekat untuk memberikan perawatan dan pengobatan,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***