FKSS Beda Tujuan, Bukan Sebagai Tandingan MKKS

0
331

KANDAGA.ID – Untuk lebih mempererat tali silarahmi di kalangan SMK Swasta, secara resmi Forum Kepala SMK Swasta (FKSS) se-Kabupaten Garut dikukuhkan di Gedung Pendopo Garut, Rabu (5/9/2018).

Pelantikan pengukuhan yang dihadiri Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., Badan Musayarah Perguruan Tinggi Swata (BMPTS) perwakialn Disdik provinsi Jawa Barat, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikanwilayah XI Jawa Barat, DR, Hj. Lilis Rosita M.Si, Kabid SMP Disdik Garut Totong, S.Pd., M.Si., Ketua PGRI Kabupaten Garut , para kepala sekolah SMK swasta se-Kabupaten Garut, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., mengucapkan terima kasih kepada SMA/SMK yang ada di Kabupaten Garut, karena telah turut serta mencerdaskan masyatakat Garut, yang tentunya telah turut membantu meningkatkan sumber daya masyarakat di bidang.

“Perlu diperhatikan bahwa saat ini agak khawatir karena ada beberapa prilaku yang harus kita perbaiki baik di tingkat SD, SMP dan SLTA, yaitu bagaimana kita menggelorakan mereka yang bersekolah itu memiliki harapan yang jauh kehidupan kedepan. Yaitu melanjutkan pendidikan sarjana atau mereka bekerja memiliki tempat terhormat untuk kehidupan masa depannya,” ujarnya.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., merasa prihatin, setiap tahun sekolah yang ada Pemkab Garut melahirkan lulusan sebanyak 28.000 peserta didik, yang melanjutkan ke jenjang berikutnya hanya 5.000 peserta didik, sedangkan 23.000 lagi perlu kita pikirkan bersama.

”Ini adalah persoalan yang harus kita hadapi, ini persoalaan kemanusiaan dan ini persoalan masa depan seorang anak warga negara Indonesia yang ada di Kabupaten Garut,” terangnya.

Ketua Forum Kepala SMK Swasta (FKSS) Kabupaten Garut, Acep Sundjana Djakaria, SE., M.M., didampingi Wakil Ketua, Hasan Taupan Rahman, S.Pd. M.Pd., mengatakan, tujuan dibentuknya FKSS sebagai ajang pengikat silaturahmi terutama di SMK tingkat Swasta yang saat ini berjumlah lebih dari 170 SMK Swasta, lebih banyak dibandingkan SMK Negeri.

”Selain silaturahmi, forum ini bisa meningkatan pula sekolah swasta bisa mulai dari tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, yang khusus di kabupaten Garut sendiri memiliki kualitas pendidikan yang baik dari sekolah negeri,” ujar Kepala Sekolah SMK Ma’arif Garut ini.

Menurutnya, keberadaan FKSS bukan sebagai tandingan MKKS yang telah ada, tapi merupakan satu kesatuan namun berbeda tujuan.

”Tujuan organisasi kita itu adalah sebuah forum di tingkat SMK swasta, dengan harapan organisasi kita dapat mendorong pemerintah untuk mensejajarkan sekolah-sekolah swasta yang ada dengan sekolah negeri yang saat ini sangat timpang seperti apa yang digambarkan Bupati Garut dalam sambutannya”, pungkasnya. (Jajang Sukmana)***