Fagar Gelar Pelatihan Simulasi CAT CPNS 2019

0
72

KANDAGA.ID – Forum Aliansi Guru dan Karyawan (Fagar) Garut menggelar pelatihan simulasi Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Garut Rudy Gunawan, di gedung Pendopo, Sabtu (19/10/2019).

Bupati sangat mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, karena memang sangat dibutuhkan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi calon pegawai negari sipil (CPNS).

Cecep Kurniadi, S.Pd.I.

“Kegiatan ini sangat dibutuhkan melihat dasar tahun kemarin semua kuota tidak terpenuhi. Dengan cara simulasi dan pelatihan semacam ini diharapkan dapat mendongkrak atau setidaknya bisa memenuhi kuota yang dapat terpenuhi,” kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Fagar Garut, Cecep Kurniadi, S.Pd.I. mengatakan, maksud dan tujuan mengadakan pelatihan ini adalah untuk mempermudah pengisian soal. Karena memang untuk tahun sekarang dan tahun berikutnya proses pelaksanaan CPNS ini tidak sistem manual lagi tetapi pelaksanaan secara CAT.

“Artinya harus banyak berlatih terutama dalam pengisian soal. Hari ini kami bekerjasama dengan dosen UIN untuk mempermudah ataupun mencari solusi terbaik, dan menganalisa soal sehingga bisa mempermudah dalam menyelesaikan soal yang semula dalam satu soal berdasarkan menit tetapi sekarang berdasarkan hitungan detik. Ya pelatihan ini tujuannya seperti itu,” ucapnya.

Cecep menuturkan, jumlah peserta dalam pelatihan simulasi ini sebanyak 250 orang sebagian besar dari tenaga pendidik dan kesehatan yang usianya masih dibawah 35 tahun.

“Tujuannya hanya untuk memperpudah. Alhamdulillah pada kesempatan ini diikuti 250 orang usia dibawah 35 tahun ke bawah karena untuk mengikuti tes cpns syaratnya harus itu terdiri dari pendidikan dan kesehatan. Dan kegiatan ini mudah mudahan sekedar upaya untuk mempermudah pengisian soal dari sekian menit ke detik bisa lebih cepat tidak menyita waktu banyak,” ujar Cecep.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2018 Pemerintah memberlakukan sistem CAT bagi peserta yang mengikuti seleksi CPNS. Bagi sebagian orang istilah CAT mungkin masih kurang lazim atau tidak dikenalnya. CAT sendiri adalah singkatan dari Computer Assisted Test, secara artian maka CAT berarti ujian dengan menggunakan bantuan komputer. (Jajang Sukmana)***