Epitech XII, Wagub: “Kepala Sekolah “Kuuleun” Ganti Saja”

0
241

KANDAGA.ID – Dengan tema “Menggali Keunggulan Lokal Menuju SMK Bisa, SMK Hebat, Jabar Juara Lahir Bathin”, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum secara resmi membuka kegiatan rutin Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Expo Teknologi Pedidikan (Epitech XII) Jawa Barat Tahun 2018, yang diselenggarakan selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (13-15/11/2018), bertempat di Lapangan Sarana Olahraga Kerkhoff, Jl. Merdeka, Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (13/11/2018).

Wakil Gubernur (Wagub) dalam sambutannya mengapresiasi luar biasa kepada panitia penyelenggara yang di ketuai Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., yang juga Kepala SMKN 1 Garut dan Ketua MKKS SMK Garut.

“Ini pembukaan paling meriah selama penyelenggaraan Epitech di Jawa Barat,” ujarnya.

Wagub mengatakan, kepala sekolah harus dapat meningkatkan keahlian para guru dan peserta didiknya, dan harus mampu mengadakan terobosan, jangan monoton.

“Saya minta kepada Kadisdik Jabar, kepala sekolah yang tidak punya terobosan atau “kuuleun” lebih baik di ganti saja, demi generasi SMK hebat,” pintanya

Menurut Wagub, harus sejalan dengan visi misi Jabar juara, juara dunia akhirat, selain ahli dalam pendidikan duniawi juga pendidikan ukhrowi (agama).

“Ke depan akan ada program Ajengan Masuk Sekolah (AMS), karena Jabar akan lebih bangga lagi kalau anak didik memiliki akhlakul karimah,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., mengatakan, selaku ketua penyelenggara mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang telah hadir dan membuka acara Epitech XII di Kabupaten Garut, yang diikuti 168 stan.

“Jumlah stan tersebut, Dinas Pendidikan Jawa Barat 52 unit, untuk SMK dari 26 Kabupaten/Kota 34 unit, SMK se-Kabupaten Garut 19 unit, stan kuliner 25 unit, industri/jobs fair 32 unit, sponsor dan masing-masing dua unit, untuk pos keamanan dan kesehatan, even sebelumnya tidak mencapai jumlah itu, karena antusiasme dan animo cukup tinggi pada even kali ini,” ujar H. Dadang.

H. Dadang mengatakan, pihaknya setuju statemen Wagub terkait Kepala SMK harus lebih berinovasi dan tidak monoton “kuuleun”.

“Mudah-mudahan dari kegiatan ini pada akhirnya sesuai dengan cita-cita dan harapan penyelenggara. Para pelajar SMK mampu menunjukan keterampilan, keahlian dan skill terbaiknya sesuai dengan jurusan atau bidang pendidikan kejuruannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, rombongan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum beristirahat berbincang-bincang terlebih dahulu di ruang Kepala SMAN 1 Garut sebelum menuju pembukaan Epitech XII tahun 2018 ini.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kadisdik Jabar, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah XI, Dr. Hj. Lilis Rosita, M.Si., Kepala SMAN 1 Garut, Drs. H. Achdiat Kusdani, M.Pd., bersama rombongan menuju tempat kegiatan dengan berjalan kaki, yang di sambut dengan tarian sekaligus pengalungan bunga kepada Wagub dan Kadisdik Jabar oleh Ketua Pelaksana, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M. (Jajang Sukmana)***