Epitech XII di Garut Terbaik

0
509

KANDAGA.ID – Secara resmi Kabid PSMK Disdik Jabar, Dr. H. Dodin R Nuryadin, M.Si., menutup Expo Teknologi Pedidikan (Epitech XII) Jawa Barat Tahun 2018 di Lapangan Sarana Olahraga Kerkhoff, Jl. Merdeka, Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat yang disaksikan ratusan pengunjung, Kamis (15/11/2018) siang.

H. Dodin mengatakan, SMK harus berinovasi, berkreasi, jika tidak akan mati terinjak oleh persaingan yang begitu ketat.

“Mudah-mudahan Epitech ini membawa manfaat kedepan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

H. Dodin merasa sangat faham betul tentang SMK, makanya harus berjuang keras untuk memenangkan persaingan, menguasasi persaingan, dan memenangkan persaingan.

“Tidak ada cerita lagi nanti, lulusan SMK tanpa kompetensi keahlian. Anak-anak dididik untuk bisa bekerja, bisa melanjutkan, bisa berwirausaha, meskipun hari ini memang masih ada persoalan besar,” ujarnya.

H. Dodin optimis SMK kedepan, sebagaimana harapan semua, SMK yang bisa bersaing, siap bekerja, siap menguasai persaingan, siap menangkan persaingan dengan siapa pun.

“Saya menghaturkan terima kasih kepada panitia khususnya panitia yang ada di Garut yang sudah bekerja keras, sehingga terselenggara dengan baik, dan nanti tahun depan di Kuningan, mudah-mudahan Kuningan bisa lebih meriah lagi, lebih besar lagi, lebih menggema lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., mengatakan, kegiatan Epitech XII tahun 2018 di Kabupaten Garut ini diikuti 27 Kabupaten/Kota, 13 UPTD, 33 Perusahaan Job Fair, dan 29 dari Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah kegiatan Epitech XII ini mengalami kenaikan jumlah peserta yang cukup fantastis hampir 100 prosen dibanding tahun kemarin,” ujarnya.

Selain itu, menurut H. Dadang antusias pengunjung pun luar biasa, sepanjang kegiatan yang diketahuinya, misalnya di Kabupaten Bandung, Karawang, Cirebon, kemudian yang terakhir kemarin di Pangandaran. Ini jauh lebih bagus, pengunjung sampai hari ketiga atau hari penutupan pun masih ramai dan terus bertambah.

“Alhamdulillah antusias pengunjung datang ke stan-stan. Kalau kegiatan ini bisa di perpanjang 2 atau 3 hari kalau tidak hujan memungkinkan, pengunjung masih tetap ramai,” ujarnya.

H. Dadang berharap kedepan SMK harus lebih kompetitif, ciptakan karya-karya terbaik sesuai dengan tuntutan zaman di era globalisasi ini.

Di akhir kegiatan, penitia mengumumkan juara-juara pada lomba pentas seni “Art Festival” dan stan terbaik, berikut juara pentas seni: Juara I Kota Bekasi, Juara II Kota Bandung, Juara III Kabupaten Garut, Juara Haparan I Kabupaten Sumedang dan Juara Harapan 2 Kabupaten Cianjur.

Sedangkan Juara stan terbaik, Juara I Kabupaten Ciamis, Juara II Kabupaten Kuningan, Juara III Kabupaten Garut, Juara Harapan I Kabupaten Sukabumi, dan Juara Harapan II Kabupaten Pangandaran. (Jajang Sukmana)***