Enam Pelajar Garut Siap Lomba di KSN SD Tingkat Jabar

0
405

KANDAGA.ID – Setelah masuk ranking tiga besar di masing-masing kecamatan, kemudian di seleksi tingkat kabupaten, maka ranking 1-3 dari masing-masing bidang lomba berhak mengikuti Olimpiade Siswa Nasional (OSN) sekarang diganti jadi Kompetisi Siswa Nasional (KSN) bidang Matematika dan IPA jenjang SD/Sederajat tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020.

Karena darurat bencana wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19) sudah menjadi Bencana Nasional Non-Alam di Indonesia, untuk itu Kemendikbud melakukan kewaspadaan, pencegahan, penyebaran resiko penularan Covid-19, sehingga pelaksanan kegiatan kompetisi, lomba, dan festival semua jenjang ditunda, menunggu pemberitahuan resmi akan menyusul sampai status darurat bencana dicabut.

Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Bidang SD, Ujang Sugiman Duriandi, S.IP., M.Si., menyampaikan, hal tersebut berdasar surat dari Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud Nomor : 0093 /J3/TU/2020 Perihal : Penundaan Kegiatan Lomba-Lomba Tahun 2020 yang ditandatangani Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Dr. Ir. Bastari, M.A.

“Penundaan kegiatan ini mencakup semua kompetisi, lomba, dan festival yang mekanisme pelaksanaanya dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga tingkat internasional maupun yang mekanisme seleksinya dilaksanakan secara langsung,” jelasnya melalui WhatsApp (WA), Sabtu (21/03/2020).

Sementara Dinas Pendidikan Kabupaten Garut tambah Ujang, telah mengumumkan hasil seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar bidang Matematika dan bidang IPA, dengan Pengumuman Nomor : 420/441-Disdik, yang ditandatangani Kadisdik Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., tertanggal 18 Maret 2020.

“Lomba KSN tingkat Kabupaten Garut, yang dilaksanakan tanggal 12 Maret 2020 di SDN 1 Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, diikuti 247 peserta terdiri dari bidang Matematika 124, bidang IPA 123 peserta, dan 1 peserta tidak hadir,” jelasnya.

Adapun yang berhasil masuk tiga besar dari masing-masing bidang, jelas Ujang, akan mewakili lomba KSN di tingkat Provinsi Jawa Barat, dari bidang Matematika adalah Aisha Ghaida Syakira (SDN 4 Lebakjaya, Kecamatan Karangpawitan), Ahsan Alauddin Ikram (SDN 13 Regol, Kecamatan Garut Kota), dan Nathan Adrian Suhendra (SD Bestari Utami, Kecamatan Cilawu).

“Sedangkan dari bidang IPA adalah Muhamad Zaid Abdusalam (SD IT Persis, Kecamatan Tarogong Kidul), Muhammad Syauqie Ziad El K (SDN 1 Samarang, Kecamatan Samarang), dan Aghnat Rizky Gumilar (SD Muhammadiyah 5, Kecamatan Garut Kota),” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***