Dunia Pendidikan Dasar Pertebal Persoalan

0
47

KANDAGA.ID – Sudah jatuh tertimpa tangga, itulah pribahasa yang pantas di terima pelaksana pendidikan yang belum terlepas dari duka kehilangan kepala UPT Pendidikan Kecamatan, serta belum ada kejelasan turunnya Biaya Operasional Sekolah (BOS). Seluruh kepala Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Garut diwajibkan mengikuti seminar Ideologi Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang akan dilaksanakan Selasa, 18 September 2018 jam 08.00 WIB di Islamic Center Kabupaten Garut.

Demikian surat yang disampaikan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Pustaka Indonesia dengan Nomor : 26/LPP-PI/VIII/2018, perihal undangan Seminar Ideologi Pancasila tertanggal Garut, 29 Agustus 2018 yang merujuk disposisi dari Bupati Kabupaten Garut, dan Rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut seluruh camat se-Kabupaten Garut untuk menginformasikan kepada seluruh kepala sekolah dasar dan guru/pendidik yang ada di wilayah masing-masing.

Khusus wilayah kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Karangpawitan, Wanaraja, Banyuresmi, Bayongbong, Samarang, Leles, Sucinaraja, Pangatikan, Sukawening, Cibatu, Pasirwangi, Cigedug, Cikajang, Cilawu, dan Kecamatan Kadungora.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Cabang PGRI Cikajang, Deni Kusnadi, S.Pd.I yang juga sebagai Kepala SDN Giriawa 1 mengatakan, untuk sementara karena instruksi bupati melalui camat dan pendidikan, ada di bawah koordinasi kami siap untuk melaksanakan perintah camat.

“Ya beban, tapi harus bagaimana menyingkapinya. Makanya kami PGRI akan berembuk menyingkapi hal ini dengan keterlambatan pencairan bos sangat besar pengaruhnya terhadap proses KBM di sekolah, dan untuk memenuhi terpaksa pakai dana talang,” ujarnya melalui WhatsApp, Kamis (13/9/2018) malam.

Deni mengatakan, menjawab dan menindaklanjuti intruksi bupati Garut melalui camat Cikajang, kami menginstruksikan kepada para kepala sekolah, 1). Sehubungan sementara pendidikan Cikajang dalam koordinasi camat, maka kita sikapi bahwa instruksi itu sebuah kewajiban yang harus dipenuhi; 2). Kontribusi biaya pendaftaran dikelola dan dikumpulkan di bendahara K2S; dan 3). Keberangkatan dikondisikan masing masing. (Jajang Sukmana)***