Dispusip Garut bersama FTBM Melakukan Safari Literasi ke Garut Selatan

0
168

KANDAGA.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut bersama Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Garut melakukan kegiatan Safari Literasi ke para pegiat Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berada di Kecamatan Pakenjeng dan Bungbulang selama dua hari. Sebanyak 10 pegiat literasi yang berasal dari Garut Selatan mengikuti kegiatan ini yang berpusat di TBM Sarang Lebah, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang, Rabu (29/5/2019).

Safari literasi ini dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi kepada para pegiat terkait peningkatan layanan kegemaran membaca kepada masyarakat, penajaman rencana kegiatan-kegiatan TBM mendatang dan koordinasi mengenai persiapan kemah literasi FTBM Garut yang akan dilaksanakan bulan depan.

Kepala Dispusip Garut, Lisnawati menyatakan rasa syukurnya, karena TBM di Garut khususnya di Garut Selatan saat ini banyak bermunculan, itu menegasikan bahwa masyarakat Garut sekarang menuju ke arah masyarakat literat. Oleh karena itu, pihaknya melakukan koodinasi dan sinergi dengan para pegiat khususnya FTBM Garut untuk melakukan langkah-langkah strategi.

Ketua FTBM Garut, Roni Nuroni megatakan, tujuan safari literasi ini sebagai bentuk silturahmi dengan beberapa TBM yang ada di Kabupaten Garut yang sampai saat ini banyak bermunculan dengan berbagai gerakan dan program di daerah masing-masing.

“Ini tentunya membuktikan, masyarakat Garut sadar akan literasi, tinggal memfasilitasi saja,” ujar Roni.

Pihaknya menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada Dispusip Garut yang sudah bersama-sama mengikuti safari literasi ini, seraya berharap kegiatan bukan hari ini saja tapi kedepan ada hal lain yang di percayakan kepada TBM melalui FTBM Garut. (Jajang Sukmana)***