Bupati Garut Resmikan Garut Culinary Night 2020

0
47

Setiap akhir pekan produk kuliner UKM disaji hingga akhir tahun 2020

kandaga.id – Pemkab Garut terus gencar mengupayakan pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya melalui event Garut Culinary Night 2020 atau Garut Kuliner Malam 2020, yang dibuka resmi Bupati Garut Rudy Gunawan, Jum’at malam (14/8/2020), di pelataran Pendopo Garut. Berbagai kuliner yang teIah melalui uji klinis tersaji hasil olahan para pelaku UKM di Kabupaten Garut.

“Ini adalah sebagai upaya kita untuk melakukan langkah-langkah di mana kita ingin UKM baik kuliner maupun usaha-usaha lain di bidang UKM ini dapat terus berkembang di masa pandemik sekarang ini, Insyaallah nanti dari Satpol PP, TNI, dan Polri di setiap kegiatan ini akan memberikan satu arahan bagaimana protokol kesehatan dapat dilaksanakan,” ucap Bupati Rudy Gunawan.

Bupati Garut Rudy Gunawan menunjukkan kemahirannya memasak dalam peresmian Garut Culinary Night 2020, di pelataran Pendopo Garut, Jum’at (14/7/2020) malam, melibatkan para pelaku UKM di Kabupaten Garut. (Foto : Deni Septyan/Diskominfo Garut).

Rudy berjanji, Pemkab Garut akan memberikan bantuan kepada para peserta melaui KUKM setelah mendapat rekomendasi dari ICA (Indonesia Chef Association). “Kami akan memberikan anggaran setelah mendapatkan rekomendasi dari ICA dari para chef chef yang akan memberikan rekomendasi makanan makanan yang akan mendapatkan bantuan dari KUKM,” ujarnya.

Bupati juga berharap kepada SKPD bisa memberikan voucher kepada siapapun untuk menikmati makanan-makanan terlezat yang dapat dijadikan sebagai ikonnya masakan-masakan dengan inovasi-inovasi baru.

Pemkab Garut membuka lebar bagi UKM melakukan kegiatan usaha di halaman Pendopo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga dengan protokol kesehatan bisa meningkatkan kegiatan usaha.

“Dengan ucapan bismillahirrohmanirrohim Garut Kuliner Malam Role Model dalam Protokol Kesehatan, tapi sekali lagi saya minta kepada panitia bahwa protokol kesehatan adalah segala-galanya dan tentu kami saat-saat tertentu akan merevisi setiap pengunjung yang datang ke sini karena ini adalah keramaian yang perlu memperhatikan jaga jarak dan sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Suhartono didampingi Kepala Bidang UKM, Erni, menyebutkan, acara Garut Culinary Night atau Garut Kuliner malam 2020 diselenggarakan setiap hari Jum’at dan Sabtu mulai 14 dan 15 Agustus 2020 hingga akhir tahun 2020.

Lanjut Suhartono, di acara tersebut beberapa stan makanan menyajikan berbagai kuliner untuk para pengunjung. Meski demikian, untuk kegiatan ini pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk itu dalam penyajiannya diperhatikan sisi jaga jarak aman 1 hingga 2 meter, kemudian selain diwajibkan memakai masker, pengunjung dicek suhu tubuhnya, serta cuci tangan atau dengan handsanitizer,” pungkas Suhartono, demi menghindari kerumunan massa, kami batasi jumlah pengunjung sesuai
kapasitas.

Pada kesempatan tersebut bupati dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) didaulat untuk menampilkan kemahirannya memasak di hadapan para pengunjung. Rangkain kegiatan Opening Ceremony ditutup dengan penampilan Ngamen Keren.

Para pejabat yang hadir, antara lain dari Forkopimda, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah, Dandim 0611Garut Letkol CZI Deni Iskandar,
Kajari Sugeng Haryadi, Ketua Pengadilan Negeri Garut Hasanuddin, dan para pejabat lainnya. (Jajang Sukmana/mediacenter.garutkab.go.id)***