BRITNEY KIMBERLY : Idola Indonesia dari Tatar Sunda

0
154

Usianya baru dua belas tahun lebih, tapi kemampuan olah vokalnya begitu mengagumkan. Pantas saja ia bisa menembus babak spektakuler show Indonesian Idol Junior, sampai dua kali, yakni di tahun 2016 dan tahun 2018 kemarin. Dalam setiap penampilannya di Indonesian Idol Junior, ia selalu mendapat pujian dari para juri.

Kalau mendengar namanya disebutkan, takkan ada yang mengira bahwa ia adalah seorang parawan Garut. Britney Kimberly, nama yang kebarat-baratan. Wajar jika banyak yang mengira dirinya adalah warga Negara asing. Padahal Britney, begitu ia biasa disapa, adalah anak Indonesia asli. Britney lahir di Tanjung Pinang pada 4 Nopember 2006, tapi ia tumbuh dan berkembang di kota Garut.

Sampai hari ini, Indonesian Idol Junior 2018 adalah pencapaian terbesarnya dalam dunia tarik suara. Betapa tidak, sejak babak penyisihan, Britney selalu tampil memukau. Berbagai komentar positif pun dilontarkan juri untuk memuji penampilan Britney. Apalagi ketika Britney berhasil menaklukan tantangan Bunda Maia, untuk menyanyikan lagu Who’s Loving You dari The Miracles. Selain banjir pujian hingga standing ovation dari keempat juri, Britney juga mendapat tambahan uang jajan dari Bunda Maia yang merasa benar-benar puas dengan penampilannya.

ang lebih membanggakan, meskipun Britney sangat jago menyanyikan lagu-lagu berbahasa asing, terutama yang bergenre blues, ternyata ia tidak lupa akar budayanya. Di babak audisi, ketika Britney mengaku berasal dari Garut, Rossa menyapanya dalam bahasa Sunda, dan Britney pun dengan fasih menjawab sapaan Rossa dalam bahasa yang sama. Lalu Rossa memintanya menyanyikan lagu daerah Jawa Barat, dan Britney menjawabnya dengan menembangkan pupuh, sebuah lagu tradisional Sunda yang memiliki pola dan patokan khusus, sehingga tidak semua orang bisa membawakannya. Tapi Britney bisa melantunkannya dengan begitu baik dan apik. Tentu saja, karena di tahun 2016, Britney pernah menjuarai Lomba Pupuh pada gelaran FLS2N SD tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Abdi tos resep nyanyi ti kawit yuswa tilu taun,” akunya. Untuk mengasah bakatnya, Britney pun mengikuti kursus vocal di Elfa Music School Garut, sebelum kemudian pindah ke LB Music Course Garut.

Selain kursus, pengagum Agnes Mo dan Anggun ini juga sering mengikuti berbagai ajang lomba menyanyi, baik di Garut ataupun di tingkat regional Jawa Barat, hingga yang berskala nasional. Salah satunya, ketika menjuarai lomba menyanyi Piala Bupati Bandung di Gedung Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung.

Putri dari pasangan dr. Ridwan Budi S. G. dan Sri Yuniarsih ini sekarang tercatat sebagai siswi kelas VII di SMPN 2 Garut. Ia mendaftar ke sana melalui dua jalur, yakni jalur Prestasi dan jalur test masuk akademik. Dan hebatnya, dia lolos di kedua jalur seleksi tersebut. Meskipun tidak menjadi juara kelas, tapi Britney tidak terlalu ketinggalan. Semester lalu, ia bisa bertahan di peringkat sepuluh besar.

Selain menyanyi, Britney juga sempat menggeluti olahraga renang, rajin badminton, serta sempat mengikuti kegiatan modeling dan dance. Tapi gadis cantik ini lebih memilih menyanyi sebagai dunianya, sebagai mimpi besarnya.

“Britney ingin bikin konser tunggal seperti Anggun atau Agnes Mo, yang ditonton jutaan penggemarnya,” katanya penuh harap. Maka tak berlebihan jika ia begitu rajin berlatih vocal bersama Farid di LB Music Course, Jalan Ahmad Yani Garut.