Baznas Gelar Operasi Katarak Gratis di Cilawu

0
44

KANDAGA.ID – Dalam rangkaian kegiatan Gebyar Festival Zakat dan Rakorda Baznas, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat dan Baznas Kabupaten Garut bekerjasama Asia Muslim Charity Foundation (AMFC) menggelar bakti sosial operasi katarak gratis yang dilaksanakan di UPT Puskesmas Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Kamis (27/06/2019) pagi.

Kegiatan dihadiri Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, KH. Arif Ramdhani, MHi., Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si. beserta jajaran, Camat Cilawu Dra. Mekarwati, M.Si., mewakili Bupati Garut, Ketua MUI Kabupaten Garut, KH. Syrojul Munir, Kabid Dinkes Garut, dr. Jana dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan operasi katarak ini sebagai salah satu bentuk program pendistribusian zakat bagi warga yang tidak mampu (mustahiq), karena bagi kalangan masyarakat kurang mampu merasa kesulitan untuk melakukan operasi katarak,” jelas Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, KH. Arif Ramdhani, MHi.

Arif menjelaskan, tujuan dari program ini untuk membantu masyarakat yang kesulitan untuk berobat, terutama yang memiliki penyakit katarak yang biayanya cukup mahal.

“Dengan dana zakat yang kami kelola, sehingga kami mengadakan program operasi katarak gratis,” ujarnya.

Arif mengatakan, masyarakat yang mendaftar cukup membludak mencapai 135 orang, sedangkan kuota kami terbatas, sehingga yang kami layani sebanyak 70 orang sesuai kuota.

”Para calon pasien terlebih dahulu harus di skrining, jangan sampai ada yang punya penyakit darah tinggi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Menurut Arif, Rakorda ini merupakan kegiatan rutin baznas yang diselenggarakan setahun dua kali, melibatkan seluruh Baznas Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Diharapkan dengan kegiatan ini sebagai syiar dan mensosialisasikan keberadaan Baznas, fungsi dan tugas Baznas itu sendiri, melalaui program-program dan kegiatan,“ jelasnya.

Selain itu, terpilihnya Kabupaten Garut pada Rakorda se-Jawa Barat, merupakan hasil Rakerda tahun lalu pada pemilihan wilayah pelaksanaan Rakerda.

”Alhamdulillah Baznas Kabupaten Garut, pada saat itu bersedia menjadi tuan rumah, dan kami juga sangat mengapresiasi kepada Bapak Bupati Garut dengan memberikan dukungan yang luar biasa, dengan mengajak seluruh ASN untuk membayarkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Garut,” tuturnya.

Sementara untuk payroll system di Jawa Barat, tambah Arif, Alhamdulillah sebetulnya sudah diberlakukan sejak tahun 2014 dengan peraturan Gubernur, hanya untuk Kabupaten/kota masih bervariasi, bahkan ada yang belum sama sekali melaksanakan.

”Mudah-mudahan Kabupaten Garut ini menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***