Baznas Garut Siap Atasi Kemiskinan

0
81

KANDAGA.ID – Program Garut Cerdas, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada empat peserta didik yatim piatu dari SMPN 6 Garut pada pembukaan Seleksi Prestasi Kreatifitas Siswa (SPKS) di SOR Kerkhof, Rabu (27/3/2019) baru lalu.

Tindak lanjut dari hal tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd. Aas Kosasih, S.Ag, M.Si., kembali menyerahkan bantuan kepada 86 peserta didik yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., dan Kepala SMPN 6 Garut, Darsono, S.Pd, M.Pd., di Aula kelas SMPN 6 Garut, Jl. Bratayudha, Blok Komplek KPAD, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Pak Bupati sebagai kepala daerah pada tanggal 11 Maret 2019 berkunjung ke SMPN 6 Garur dan bertanya, siapa anak yatim disini? dan ternyata semuanya mengacungkan jari. Itulah awal dari refleksi dari Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) yang dititipkan pada kami,” jelas Rd. Aas usai kegiatan kepada para wartawan, Kamis (28/03/2019) sore.

Dirinya berharap dari pengumpulan zakat lebih besar supaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Garut cepat teratasi. Karena menurut perhitungan jika pelaksanaan pemotongan langsung ini lancar, Baznas akan menerima masukan sekitar Rp. 3,5 milyar perbulan.

“Tahap pertama pemotongan langsung terhadap ASN yang sudah dibayarkan hari ini, tahap kedua akan memotong para kepala SKPD terutama para kepala kelurahan dan tahap ketiga adalah memotong kepala sekolah yang waktu dilantik berjanji akan membayarkan zakatnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadisdik Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., mengatakan, Program Garut Cerdas bermanfaat bagi kaum dhuafa, seperti anak yatim piatu, dan pihaknya juga telah menghimbau kepada seluruh stakeholder dinas pendidikan agar bekerjasama dengan Baznas.

“Surat yang langsung dari Bupati yang berisi himbauan pelaksanaan, maka kita berharap baik kepada para kepala sekolah, guru, pengawas, para penilik, Paud, SD, SMP, dan lainnya di lingkungan dinas pendidikan Garut supaya semua bisa melaksanakan Zakat, Infaq, Sodakhoh melalui Baznas sebagai lembaga resmi,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***