Bakti Asih HUT PKS Ke-2 SMK IT Muhajirin

0
258

KANDAGA.ID – Agar tumbuhkembang rasa empati, simpati dan peduli terhadap masyarakat, SMK IT Muhajirin di Jl. Kramat Godog, Kp. Cogreg RT. 01 RW. 09 Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan pembinaan karakter terhadap peserta didik melalui Bakti Sosial dalam rangka HUT Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Krissagara – Salapanwali ke-2 Pleton SMKN IT Muhajirin Batalyon PKS Polres Garut 2019.

“Paling utama dalam pendidikan karakter tidak berorientasi terhadap kognitif saja, tapi yang terpenting adalah pendewasaan hatinya, karakternya. Karakter dibina salah satunya untuk membantu masyarakat,” ujar Kepala SMK IT Muhajirin, Uloh Saepulloh, S.Ag., Kamis (30/5/2019) sore.

Kepala SMK IT Muhajirin, Uloh Saepulloh, S.Ag.,secara simbolis menyerahkan sembako kepada salah satu perwakilan masyarakat.

Uloh mengatakan, SMK IT Muhajirin ini ada berbagai kegiatan sekolah, salah satu kegiatan PKS yang sekarang merayakan ulang tahunnya yang ke-2 dalam bentuk Bakti Asih terhadap masyarakat sekaligus melakukan buka puasa bersama.

“Kami ingin ada sinergitas, karena keberhasilan pendidikan itu ditujang oleh sekolah, masyarakat, dan pemerintah,” ujarnya.

Dirinya merasa bersyukur, pendekatan terhadap masyarakat dalam bentuk sosial kemasyarakatan diantaranya memberikan sembako kepada 60 orang dari tiga wilayah yaitu Desa Tanjungsari, Desa Lebakagung dan Kelurahan Lebakjaya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, sehingga ada keterkaitan antara sekolah dengan masyarakat, saling membantu dan saling mendukung antara sekolah dengan masyarakat,” ujarnya.

Uloh menerangkan, bentuk ulang tahun PKS ini dikaitkan dengan kegiatan bulan Ramadhan untuk membagi dan membantu terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Selain baksos di bulan Ramadhan ini, kegiatan PKS juga akan memberikan zakat fitrah dari warga SMK IT Muhajirin kepada warga masyarakat,” jelasnya.

Uloh berharap, dari kegiatan ini terciptakan sebuah kedewasaan dalam berpikir pada diri anak-anak untuk membantu terhadap lingkungan masyarakat.

“Untuk belajar kegiatan PKS itu adalah kegiatan untuk mendewasakan dirinya, kan nantinya anak-anak itu setelah selesai ini akan kembali ke masyarakat. Nah, ini kita latih untuk pendewasaan diri terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Pembina PKS SMK IT Muhajirin, Ihwan Tahir Assidik (kanan) menyerahkan potongan kue ulang tahun kepada Ketua Pelaksana, Eko Waluyo.

Sementara itu, Pembina PKS SMK IT Muhajirin, Ihwan Tahir Assidik mengatakan, pelaksanaan Bakti Sosial ini mendadak selama dua minggu dan langsung bergerak, mulai dari pembuatan proposal langsug menyebar ke tiap-tiap wilayah dan daerah untuk mencari dana.

“Karena situasi dan kondisi, tadinya tidak akan dilaksanakan, namun berkat ide dan antusias anak-anak, Alhamdulillah pelaksanaan baksos ini bisa terlaksana. Dan kegiatan ini akan jadi evaluasi, untun itu kami mohon do’a dan dukungannya, mudah-mudahan kedepan lebih baik lagi,” ujarnya.

Ketua Pelaksana, Eko Waluyo merasa bersyukur, dengan waktu yang begitu pendek kegiatan berjalan lancar.

“Alhamdulillah demi suksesnya kegiatan ini, kerja keras dan semangatnya semua panitia dan rekan-rekan kami, kegiatan berjalan lancar. Dan semoga kegiatan seperti ini kedepan lebih baik dari sekarang,” ujarnya.

Untuk jumlah Eko menjelaskan, baksos sekitar 50 orang, purna PKS SMK IT Muhajirin, anggota PKS Polres Garut, Manajemen Salapanwali dari satuan berbagai sekolah, masing-masing sekitar 5-10 orang.

“Kegiatan ini sukses berkat dukungan sekolah khususnya Kepala SMK IT Muhajirin, Bapak Uloh yang tak henti-hentinya memberikan arahan serta semangat rekan-rekan kami,” pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah masyarakat dari Cipondok serta Lebakagung yang berhasil ditemui merasa bersyukur dan terbantu menjadi bagian menerima baksos ini, dan mereka mendo’akan semoga SMK IT Muhajirin lebih maju. (Jajang Sukmana)***