15 Sekolah di Kabupaten Garut Siap Belajar Tatap Muka

0
266
Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI, Provinsi Jawa Barat, H. Asep Sudarsono, S.Pd., MM.

kandaga.id – Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Sejumlah 15 sekolah di Kabupaten Garut siap melaksanakan pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, atau tempatnya Januari tahun 2021 mendatang.

Ilustrasi, foto-foto dokumensi SMKN 1 Garut

“Dari hasil verifikasi tim kesehatan Covid-19 Kabupaten Garut, dari sejumlah sekolah yang mengajukan untuk melaksanakan belajar tatap muka, hanya 15 yang lolos,” terang Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI, Provinsi Jawa Barat, H. Asep Sudarsono, S.Pd., MM., diruang kerjanya, Rabu (25/11/2020).

Ke-15 sekolah tersebut telah memenuhi beberapa persyaratan seperti kesiapan sarana, kurikulum, guru dan berada di zona hijau atau kuning Covid-19.

“Wilayah utara Garut, kan masih oranye bahkan ada beberapa zona merah maka tidak diizinkan, sedangkan wilayah selatan ada yang diizinkan seperti Pameungpeuk, itupun hanya satu sekolah,” ujarnya.

Jadi lanjut H. Asep, tidak semua sekolah, seperti SMAN 5 Garut belum diizinkan. Dan nanti setelah berjalan ada yang kemarin di verifikasi mengusulkan, tinggal diverifikasi kembali.

“Yang mengusulkan belajar secara tatap muka itu sekolah, kesanggupan orang tua, lalu kita verifikasi,” ungkap H. Asep, tidak asal begitu saja, karena berkaitan dengan keberlangsungan kesehatan.

KCD H. Asep mengimbau, bagi sekolah yang lolos verifikasi agar mengikuti arahan tim kesehatan Covid-19 Kabupaten Garut, seperti memasang spanduk area wajib masker, dan lainnya. Sedangkan bagi sekolah yang belum lolos agar jangan merasa kesal menunggu, karena lebih baik kesal daripada sakit.

“Yang jelas, dalam pelaksanaan belajar tatap muka ini tergantung dari kesiapan kita. Kita tidak bisa memaksakan kalau sekolah tidak siap,” pungkas H. Asep, makanya untuk tatap muka itu, mereka mengajukan, tidak sertamerta kita menunjuk.

Berikut 15 sekolah untuk belajar tatap muka pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, atau tempatnya Januari tahun 2021 mendatang

SMAN 12 GARUT (Cisewu)
SMAN 20 GARUT (Singajaya)
SMAN 21 GARUT (Talegong)
SMAN 22 GARUT (Cisompet)
SMAN 27 GARUT (Cibalong)
SMAN 28 GARUT (Caringin)
SMAN 29 GARUT (Mekarmukri)
SMAN 30 GARUT (Cihurip)
SMA IT SINARSARI (Pameungpeuk)

SMK INSAN MANDIRI (Banjarwangi)
SMKN 15 GARUT (Cibalong)
SMK GUNUNG NAGARA (Cisompet)
SMKS ISLAMIC CENTRE PAKENJENG
SMKN 13 GARUT (Pamulihan)
SMKN 11 GARUT (Cisewu)

(Jajang Sukmana)***